info@ff.unair.ac.id +62-31-5933150

PHARMASHARE 2022 - Goes To School: Kenalkan Siswa SD dan SMP Terkait Herbarium Hingga Kosmetika

Pharmacist Share (Pharmashare) 2022 merupakan suatu kegiatan yang berfokus pada kegiatan bakti sosial untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas kesehatan masyarakat desa binaan. Salah satu bentuk bakti sosial yang dilakukan adalah “Goes To School” yang dilaksanakan pada dua tingkat pendidikan di Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dua tingkat pendidikan yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah tingkat SD yakni di dua sekolah (SD Negeri Palangsari 1 dan SD Negeri Palangsari 3) serta tingkat SMP yakni SMP Negeri 4 Puspo. Kegiatan yang dilakukan berupa penyampaian materi kepada siswa-siswi yang berfokus pada topik “Herbarium” untuk tingkat SD dan “Kosmetika” untuk tingkat SMP.

Goes To School yang pertama dilaksanakan pada 3-4 Agustus 2022 di SD Negeri Palangsari 1 dan 3. Kegiatan ini dilakukan dengan memperkenalkan tentang “Herbarium”. Memperkenalkan pengetahuan baru terkait herbarium kepada siswa-siswi di sana membuat mereka sangat antusias untuk mempraktikkan bagaimana membuat herbarium. Dalam meningkatkan kreativitas siswa-siswi melalui pembuatan herbarium tersebut, mereka juga diperkenalkan terkait penggunaan nama latin dari setiap herbarium yang dibuat. Selain mendapatkan pengalaman dalam membuat herbarium, mereka juga dikenalkan dengan manfaat dari setiap tanaman yang digunakan sebagai bahan pembuatan herbarium.

Goes To School yang kedua dilaksanakan pada 5 Agustus 2022 di SMP Negeri 4 Puspo. Kegiatan ini dilakukan dengan memperkenalkan bagaimana menjaga kulit agar tetap sehat dan cara memilih kosmetik yang aman. Rasa ingin tahu yang tinggi tentang kosmetik membuat siswa-siswi lebih pintar dan teliti terhadap kosmetik yang tidak memiliki izin edar dengan memperkenalkan fitur “CEK KLIK” dari BPOM. Adanya pemberian materi ini, diharapkan siswa-siswi SMP dapat menjadi remaja yang bijak dalam merawat kesehatan kulit dengan tidak mudah tertipu adanya iklan kecantikan yang masih diragukan terkait legalitas produk kosmetik.