Apotek Farmasi Airlangga

SEJARAH SINGKAT DAN LATAR BELAKANG

Apotek Farmasi Airlangga diresmikan pada tanggal 29 Agustus 1998 dan didirikan pada lahan milik Universitas Airlangga seluas 384 M  2  dengan luas bangunan 135 M  2  terdiri dari 2 lantai. Dana pembangunan berasal dari Universitas Airlangga, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, sumbangan IKOMA, sumbangan para alumni Fakultas Farmasi Universitas Airlangga serta instansi lain yang ikut berpartisipasi. Pada tahun 2006, gedung Apotek Farmasi Airlangga direnovasi menjadi gedung baru dua lantai dimana lantai dua merupakan ruang praktikum Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Pada tanggal 26 Maret 2016 Apotek Farmasi Airlangga pindah lokasi di Gedung Airlangga Corner, jalan Dharmawangsa No. 1 Surabaya, yang merupakan lokasi apotek saat ini.

Gedung Apotek Farmasi Airlangga Penerimaan Resep Pelayanan KIE saat memberikan obat

 

LATAR BELAKANG

Yang melatar belakangi pendirian Apotek adalah untuk meningkatkan kemampuan para Apoteker lulusan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga utamanya kemampuan profesionalisme Apoteker. Apotek sebagai salah satu tempat pengabdian profesi seorang Apoteker, harus lebih dipahami oleh para calon Apoteker karena sebagian besar lulusan Apoteker akan berada di Apotek, oleh karena itu diperlukan sebuah Apotek Pendidikan yang dapat digunakan untuk mendidik calon Apoteker sehingga menghasilkan lulusan yang bermutu tinggi serta mempunyai relevansi dengan dunia kerjanya. 



Penjelasan kepada konsumenApotek Farmasi Airlangga merupakan Apotek Pendidikan yang pertama berdiri di Indonesia. Sebagai Apotek Pendidikan, Apotek Farmasi Airlangga mempunyai moto "  No Pharmacist No Service" sehingga pada saat apotek buka akan selalu ada apoteker yang bertanggung jawab pada pelayanan kefarmasian yang diberikan. Apoteker Pengelola Apotek Farmasi Airlangga sejak pertama berdiri adalah Drs. Suko Hardjono, MS, Apt. kemudian dilanjutkan oleh Yunita N, S.Si,MPharm,  Apt dan saat ini Ayek Dwi Rosiana, S.Farm., Apt yang menjadi Apoteker Penanggungjawab Apotek. Saat ini pelayanan apotek diberikan oleh 4 orang Apoteker, 2 orang Asisten Apoteker, 2 orang Juru Resep, dan 1 orang petugas kebersihan. 

TUJUAN dan MANFAAT

Tujuan pendirian apotek pendidikan ini adalah sebagai berikut :

  1. Tempat pendidikan bagi mahasiswa pendidikan Apoteker yang diharapkan dapat menjadi contoh yang baik bagi calon Apoteker maupun Apoteker lainnya.
  2. Tempat dilakukan pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan cara memberikan informasi yang benar dan tempat rujukan informasi bagi para Apoteker maupun tenaga kesehatan lainnya.
  3. Tempat dilakukan penelitian di bidang Farmasi Komunitas.
  4. Tempat pelayanan kefarmasian kepada masyarakat yang dapat menghasilkan revenue


Manfaat

  1. Sebagai penunjang kegiatan akademik dan tempat pelatihan pengabdian profesi mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga sebagai calon Apoteker.
  2. Peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat di bidang kefarmasian

Layanan

  1. Pelayanan kefarmasian bagi peserta Asuransi JKN.
  2. Pelayanan kefarmasian bagi peserta Asuransi INHEALTH.
  3. Pelayanan kefarmasian bagi mahasiswa UNAIR.
  4. Pelayanan kefarmasian bagi masyarakat umum.
  5. Pelayanan informasi obat

Kegiatan Pendidikan

  1. Praktikum Preskripsi II (pengenalan apotek)
  2. Praktikum preskripsi III (pengenalan apotek)
  3. Tempat penelitian bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi Unair
  4. Praktek Kerja Profesi (PKP) Apotek untuk mahasiswa tingkat profesi Apoteker
  5. Tempat penelitian bagi mahasiswa Unair lainnya
  6. Fasilitas magang bagi Mahasiswa Fakultas Farmasi dan Apoteker baru


Lokasi
Apotek Farmasi Airlangga 
Jl. Dhramawangsa No. 1 Surabaya

Telp/Fax. 031-99441672

Whatsapp : 081214354317

Pin BBM. 5D741F41

Jam buka : Senin – Jumat 07.30 - 21.00; Sabtu 08.00 – 21.00

 

sumber foto : PIH UNAIR

Agenda
Unduhan