Partnership FF Unair dengan IIUM Malaysia untuk SDGs

Salah satu bentuk upaya Fakultas Farmasi untuk meningkatkan Partnership for The Goals adalah dengan menghadirkan Adjunct Associate Professor dari berbagai universitas di luar negeri. Bersama dengan International Islamic University Malaysia (IIUM), Fakultas Farmasi Universitas Airlangga berdiskusi mengenai SDGs melalui forum Guest Lecture. Pada forum kali ini, Adjunct Associate Professor yang mewakili IIUM adalah Assoc. Prof. Dr. Alfi Khatib. Selain membahas SDGs, acara yang diadakan pada 6 September 2021 dan melalui Zoom Meeting ini juga mengangkat topik mengenai “How to Write a Literature Review”.

 

Acara yang dibuka oleh Ibu Dewi Melani Hariyadi, S.Si., M.Phil., Ph.D., Apt. sebagai perwakilan dari Fakultas Farmasi kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai pencapaian SDGs, khususnya di lingkup Universitas Airlangga dan IIUM. Setelah itu, Prof. Dr. Alfi Khatib juga memberikan materi presentasi tentang fungsi tinjauan literatur dalam sebuah penelitian akademik. Selain itu, beliau juga sharing beberapa sumber di situs web yang relevan dan terpercaya untuk mendapatkan referensi pustaka akademik, seperti misalnya Scopus, Google Scholar, Pubmed, dan lain-lain.

 

Setelah diskusi SDGs dan penjelasan materi selesai disampaikan, sesi tanya jawab pun dibuka. Salah satu pertanyaan yang diajukan kepada Prof. Dr. Alfi Khatib adalah “Do you have examples of good article reviews and poor article reviews? What are the common mistakes in writing review articles?” oleh Rosita Handayani. Prof. Alfi kemudian menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan salah satu contoh paper akademik yang telah dipublikasi.

Di akhir acara, diadakan sesi foto bersama secara virtual. Forum diskusi seperti ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara Fakultas Farmasi Universitas Airlangga dengan International Islamic University Malaysia untuk selalu bekerjasama secara berkelanjutan di bidang akademik dan riset, khususnya di bidang kefarmasian.


Unduhan