info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Siap Skripsi KBK Farmasi Klinik 2024

Siap Skripsi KBK Farmasi Klinik 2024

Kabar baik bagi para mahasiswa yang sudah mendekati dan mempersiapkan masa skripsi, sebab SIAP SKRIPSI kembali hadir. Pada hari Senin, 9 Maret 2024 tepatnya pukul 08.00 WIB dilaksanakan SIAP SKRIPSI 2024 edisi KBK Farmasi Klinik. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan dosen dan mahasiswa sebagai narasumber. Acara ini dipandu oleh Kak Rofiqi Azmi sebagai moderator dengan menghadirkan tiga narasumber, salah satunya yaitu Ibu apt. Dinda Monika Nusantara Ratri, S.Farm., M.Farm.Klin. Selain itu, hadir pula narasumber dari mahasiswa semester delapan yang saat ini sedang skripsi di bidang Farmasi Klinik, yaitu Kak Dhea Anggraini dan Kak Syasya. Acara dibagi menjadi 3 sesi pemaparan topik. Pada setiap akhir pemaparan akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara tersebut banyak dihadiri oleh mahasiswa, khususnya angkatan 2021 yang saat ini tengah menempuh semester enam.

Topik pertama dibawakan oleh Ibu Dinda Monika. Bu Dinda memaparkan mengenai sejarah KBK Farmasi Klinik. Selain itu, Bu Dinda juga menjelaskan mengenai berbagai topik riset yang bisa diangkat dalam KBK Farmasi Klinik, mulai dari Farmakologi Molekuler, Metabolisme Obat, Farmakokinetika, Farmakodinamika, Analisis Respons Obat, Studi Penggunaan Obat, Biomaterial, Pengembangan Implan, Penelitian Translasional, hingga Ekstrak Alergen. Semua materi tersebut memiliki masing-masing tim riset yang terdiri dari beberapa dosen. Setiap dosen juga memiliki spesifikasi bidang masing-masing sehingga nantinya mahasiswa bisa menyesuaikan minat mereka terhadap suatu bidang tertentu agar bisa dibimbing oleh dosen terkait.

Topik kedua dibawakan oleh Kak Dhea Anggraini yang mengambil topik skripsi seputar Biomedik. Kak Dhea sendiri memiliki ketertarikan pada beberapa topik riset, yaitu Biomedical (Addiction), Genetic Engineering (Car-T), dan Nanotechnology and Drug Delivery System. Ilmu biomedik memiliki cakupan mengenai eksplorasi mekanisme patofisiologi yang menghasilkan outcome terapi translasional, baik ditinjau secara molekuler maupun behavior. Nantinya, ketika sudah terjun dalam bidang ini, mahasiswa akan bekerja dengan hewan coba, yaitu tikus dan mencit. Mahasiswa juga belajar mengenai formulasi atas eksperimen yang dilakukan, melakukan pembedahan dan penyuntikan, hingga memahami ekspresi suatu molekular. Dalam pengerjaannya, skripsi pada bidang ini terdiri dari beberapa mahasiswa yang tergabung dalam satu tim. Masing-masing mahasiswa memiliki topik tersendiri, diantaranya adalah Nicotine Addiction, NAFLD (Non-Alcoholic Fatty Liver Disease), PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), Maternal Stress, Stroke, dan Ekstrak Alergen. Dalam pelaksanaannya, Kak Dhea juga memaparkan manfaat yang ia rasakan, diantaranya meningkatkan kemampuan bekerja dalam tim, membuka pemikiran yang kritis, manajemen waktu, dan meningkatkan rasa ingin tahu.

Sesi terakhir dibawakan oleh Kak Syasya. Ia mengambil topik pada bidang observasional dengan judul “Studi Pola Penggunaan Obat Citicholine Pada Pasien Stroke Iskemik” yang dilakukan di RSUD Dr Soetomo. Pada bidang observasional terdapat dua macam pendekatan, yaitu prospektif dan retrospektif. Pendekatan prospektif mencakup informasi yang diperoleh sejalan dengan berjalannya penelitian dan berorientasi pada upaya untuk memprediksi perilaku subjek di masa depan. Sedangkan pendekatan retrospektif mengandalkan data historis. Kak Syasya juga menjelaskan bagaimana proses pelaksanaan skripsi sebagai berikut:

  1. Menghubungi dosen yang kita inginkan menjadi pembimbing skripsi
  2. Mengisi formulir skripsi yang diberikan di grup angkatan
  3. Menunggu dan memeriksa pengumuman
  4. Membuat grup bersama teman satu dosen pembimbing serta membuat janji untuk bertemu
  5. Penentuan judul
  6. Menyusun “usulan skripsi” bab 1-5
  7. Seminar proposal
  8. Revisi dan penyempurnaan

Kak Syasya juga membagikan pengalamannya dalam menentukan judul. Kita bisa berkunjung ke KBK Farmasi Klinik untuk meminta database nama mahasiswa (kakak tingkat) beserta dosen pembimbing dan juga judul skripsi yang mereka angkat untuk dijadikan referensi. Ketika sudah menentukan topik, kita bisa mencari referensi di ruang baca melalui arsip skripsi. Kak Syasya juga memberikan beberapa referensi judul, diantaranya Studi Pola Penggunaan Obat, Analisis Pola Peresepan, Analisis Efek Samping, Analisis Nutrisi Parenteral, Analisis Penggunaan Perbekalan Farmasi dan Biaya, hingga Profil Penggunaan dan Resistensi Antibiotik.

Kegiatan ini mendapat banyak antusias dari para mahasiswa, khususnya yang memiliki ketertarikan untuk mengambil skripsi di bidang Farmasi Klinik. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan mampu untuk membantu mahasiswa agar lebih memiliki gambaran dan menjawab rasa ingin tahu mereka mengenai cakupan topik skripsi yang terkait dalam bidang Farmasi Klinik.


Penulis : Wilda Syaharany (2022)
Editor : Nancy Naila Paramitha (2023)

Baca juga:
Siap Skripsi KBK Kimia Farmasi - Departemen Ilmu Kefarmasian 2024
Siap Skripsi KBK Farmasi Komunitas 2024
Siap Skripsi KBK Farmakognosi dan Fitokimia 2024