info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Hari Lingkungan Hidup Pharmacare 2022

Sebagai salah satu upaya untuk memfasilitasi kepedulian dan kepekaan mahasiswa farmasi Universitas Airlangga, Pharmacare melaksanakan kegiatan sosial masyarakat berupa KIE dalam rangka memperingati dan merayakan hari besar kesehatan, salah satunya yaitu Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat serta meningkatkan rasa kepedulian sosial mahasiswa farmasi Universitas Airlangga dengan menerapkan jiwa caregiver dan communicator yang tercantum di dalam nine-star pharmacist yang harus dimiliki oleh calon farmasis.

Kegiatan KIE Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilaksanakan pada Minggu, 5 Juni 2022 dengan melibatkan delapan orang panitia Pharmacare yang bertugas, serta PJ Pharmacare. Panitia yang bertugas mengadakan KIE menggunakan poster, membawakan materi mengenai sumber pencemaran beserta upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan hidup kepada masyarakat yang ada di daerah sekitar Kampus C Universitas Airlangga Surabaya. Setelah melakukan KIE, panitia membagikan kenang-kenangan berupa botol minum (tumbler) kepada masyarakat yang telah bersedia menerima KIE. Pada KIE kali ini, minat masyarakat untuk menerima KIE cukup baik. Beberapa masyarakat bahkan juga mengajukan pertanyaan lebih lanjut terkait materi yang diberikan. Hal ini menunjukkan antusiasme dan rasa ingin tahu yang dimiliki masyarakat terhadap materi yang disampaikan. Panitia yang bertugas juga melaksanakan KIE dengan baik dan cukup antusias.

 

Berbeda dengan tahun lalu, kenang-kenangan KIE Hari Lingkungan Hidup yang dipilih pada tahun ini adalah botol minum (tumbler). Botol minum (tumbler) dipilih untuk mempromosikan gaya hidup Zero-waste yang merupakan salah satu upaya untuk menjaga lingkungan hidup. Masyarakat diharapkan untuk dapat mengurangi penggunaan sampah plastik sebagai wadah minuman dengan cara menggantinya dengan botol minum (tumbler) yang telah diberikan sebagai bingkisan KIE kami. Masyarakat menunjukkan respon positif terhadap bingkisan KIE ini.

Kegiatan KIE Hari Lingkungan Hidup 2022 ini dapat terlaksana dengan cukup baik. Panitia yang bertugas dibagi ke dalam beberapa kelompok, masing-masing beranggotakan 2-3 orang, untuk mengadakan KIE dengan materi pelestarian lingkungan kepada masyarakat yang ada di daerah sekitar Kampus C Universitas Airlangga, kemudian membagikan kenang-kenangan berupa botol minum (tumbler) kepada masyarakat yang telah bersedia menerima KIE. Masyarakat menunjukkan antusiasme dan rasa ingin tahu yang cukup baik dalam menerima KIE, sehingga KIE dapat terlaksana secara efektif dan efisien dalam waktu yang relatif singkat, tidak lebih dari satu jam.