World Hand Hygiene Day 2021

Pada setiap tanggal 5 Mei selalu diperingati sebagai Hari Higienitas Tangan atau World Hand Hygiene Day. Awal dari kampanye higienitas tangan ini, yaitu untuk menurunkan angka kematian pada balita yang disebakan oleh diare sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan, dengan mencuci tangan dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare.

Mencuci tangan memiliki peranan besar bukan hanya untuk mengurangi kematian balita akibat diare, tetapi juga dapat berperan dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19 di masa sekarang. Akan tetapi, masyarakat masih menganggap bahwa cuci tangan tidak begitu penting dalam menjaga kesehatan. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa kesehatan kami merasa perlu untuk ikut andil untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya cuci tangan, serta cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Pharmacare melakukan edukasi secara online melalui platform Instagram dalam bentuk poster juga video dan edukasi offline kepada masyarakat umum. Selain itu, Pharmacare juga membagikan beberapa alat cuci tangan bagi masyarakat umum, khususnya para pedagang kecil yang belum memiliki fasilitas cuci tangan.

Fokus kami pada peringatan hari higienitas tangan tahun ini adlaah mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mencuci tangan serta cara mencuci tangan yang baik dalam bentuk video. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, masyarakat dapat memahami pentingnya mencuci tangan juga cara mencuci tangan yang baik dan benar dan dapat di terapkan dalam keseharian masyarakat Indonesia. Dan semoga dengan berubahnya kebiasaan masyarakat untuk mencuci tangan, dapat mengurangi jumlah kematian balita akibat diare juga dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19, sehingga Indonesia dapat cepat pulih dan bangkit dari pandemi.


Unduhan