Imunisasi Dasar Lengkap pada Anak

Kegiatan PharmaDay telah dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga angkatan 2016 mulai hari Senin (25/11/2019). Pada Kamis kemarin (28/11/2019), giliran Kelompok B-2 yang melakukan kegiatan PharmaDay. Kegiatan ini bertempat di PLK Kampus B Universitas Airlangga, yaitu tepatnya di Jalan Dharmawangsa No. 3 Surabaya. PharmaDay kelompok B-2 mengusung tema Imunisasi Dasar Lengkap pada Anak. Fokus kegiatan kali ini adalah mengenai apa saja kegunaan vaksin-vaksin yang diberikan pada anak. Topik dan materi yang disampaikan ini bertujuan agar dapat menambah wawasan kepada masyarakat mengenai kegunaan dan pentingnya vaksin sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan imunisasi.

Kegiatan PharmaDay kali ini dikemas dengan menarik oleh kelompok B-2, berbagai permainan diberikan sebagai sarana dalam penyampaian informasi. Selain itu, treatmentkhusus seperti pemberian jajan kepada partisipan juga dilakukan. Pemberian edukasi mengenai apa saja fungsi masing-masing vaksin yang diberikan kepada anak juga dilakukan dengan penyuluhan secara one on one. Target kegiatan Pharma Day kali ini adalah para pasien PLK Kampus B, konsumen di Apotek Airlangga, serta pejalan kaki di sekitar PLK Kampus B. Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Salah satu tips dan trik yang dilakukan oleh kelompok B2 agar tetap semangat dan aktif memberi penyuluhan adalah dengan membagi diri menjadi 3 kelompok kecil. Masing-masing kelompok melakukan penyuluhan di dalam PLK Kampus B, di dalam Apotek Airlangga, dan di sekitar pedestrian yang teduh. Dari penyuluhan ini banyak hal yang didapat oleh penyuluh, yaitu kelompok B-2, salah satunya adalah bagaimana bekerja sama agar bisa mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.


Unduhan