APPS (Asia Pasific Pharmaceutical Symposium) in Korea

APPS ( Asia Pasific Pharmaceutical Symposium) in Korea

APPS merupakan salah satu eventbergengsi yang sangat diminati oleh mahasiswa farmasi di negara-negara Asia Pasifik. Tujuan dilaksanakan kegiatan APPS ini sangat sederhana namun dapat memberikan manfaat yang sangat besar yaitu agar mahasiswa antar negara dapat saling berinteraksi dan berbagi pengetahuan tentang pengembangan dan pendidikan ilmu farmasi di negara lain. Pada bulan Juli 2016, Korea Selatan yang terkenal dengan negeri gingseng ini menjadi tuan rumah pada kegiatan APPS yang ke-15. Tema APPS kali ini adalah “ Pharmacist’s Role in Infectious Disease”.Delegasi Ismafarsi yang telah lolos seleksi untuk mengikuti APPS di Korea Selatan sekitar 29 orang, 5 orang diantaranya berasal dari Universitas Airlangga Surabaya (Ayu Tarantika Indreswari, Aprilia Hardiyani T., Rachma Nurhayati, Nayundra Rizki V.G., dan Eka Ratih D.P).

Kegiatan APPS di Korea Selatan berlangsung selama 6 hari di Dongguk University. Hari pertama kedatangan delegasi di Dongguk University disambut meriah pada acara Welcome Partysekaligus ajang untuk mencari teman baru dari negara lain. Pada acara Welcome Partyini, panitia membagi peserta menjadi beberapa kelompok untuk adu tanding dalam gamessebagai sarana mengakrabkan setiap peserta dengan peserta yang lain. Memasuki hari ke-2, setelah Opening Ceremonydan sambutan-sambutan dari pihak Dongguk University serta IPSF, seluruh peserta mengikuti Scientific Symposiumyang disampaikan oleh wakil dari pemerintah Korea Selatan bagian Food and Drug Safetymengenai FDA Role of Infectious Disease As a Gate Keeper. Scientific Symposiumyang kedua disampaikan oleh Jae Ouk Kim, seorang peneliti yang tergabung dalam International Vaccine Institute, mengenai Vaccine Research for Developing Countries.Selain kegiatan symposium, peserta juga mengikuti banyak perlombaan yang dimulai pada hari ke-2 sampai hari ke-6 APPS. Lomba yang diselenggarakan meliputi Public Health Show Poster Competition, Patient Counseling Event, Clinical Skill Event, dan Scientific Poster Exhibition. Delegasi Universitas Airlangga mencetak prestasi dalam ajang perlombaan ini dengan lolos sebagai finalist Public Health Show Poster Competitiondan 10 Scientific Posterterbaik pada Scientific Poster Exhibition.

Memasuki hari ke-3, kegiatan diawali dengan Education Symposiummengenai Biosimilar and its regulatory approvalyang diikuti oleh seluruh peserta dan dilanjutkan dengan workshop yang terdiri dari beberapa materi. Workshop dilaksanakan di beberapa kelas dan setiap peserta berhak memilih workshop yang ingin diikuti. Kegiatan perlombaan masih terus berlangsung pada hari ke-3. Kegiatan paling spesial di hari ke-3 ini adalah International Nightdimana tiap negara wajib menampilkan khas negara masing-masing seperti pakaian adat, makanan khas negara, dan budaya bangsa. Memasuki hari ke-4, kegiatan diawali dengan Culture Symposiummengenai Hanbokology yang disampaikan oleh penggagas hanbok modern korea. Setelah symposium dilanjutkan dengan workshop yang dibagi kedalam kelas-kelas seperti hari sebelumnya. Pada hari ke-5, semua peserta mengikuti field trip. Field tripmerupakan kegiatan kunjungan ke instalasi farmasi rumah sakit Korea, perusahaan besar farmasi Korea, dan lainnya. Setelah kunjungan, peserta disuguhkan dengan destinasi wisata seperti pasar tradisional Korea, markas perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, dan banyak lainnya. Hari terakhir kegiatan APPS yaitu hari ke-6 diisi dengan kegiatan final masing-masing perlombaan untuk menentukan juara dan ditutup dengan Gala Dinner yang dilaksanakan di KINTEX hall and exhibition. Gala Dinnersekaligus kegiatan penutupan APPS dengan berbagai rangkaian acara yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Begitulah kegiatan-kegiatan APPS ke-15 di Dongguk University, Korea Selatan. Semoga dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus berkiprah di kancah Internasional.

Ayu Tarantika Indreswari

NIM: 051311133041

Aprillia Hardiyani T

NIM: 051311133066

Rachma Nurhayati

NIM: 051311133024

Nayundra Rizki Vidia Giri

NIM: 051411131036

Eka Ratih Dewi Pravianti

NIM: 051411131071

 

Klik gambar untuk memperbesar

 

Agenda
Unduhan