Diskusi SDGs Secara Virtual antara FFUA dan Assam University India

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak aktivitas bersama yang harus dilakukan dari jarak jauh. Salah satunya adalah kegiatan diskusi mengenai SDGs antara Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FFUA) dengan Assam University India yang harus diselenggarakan secara virtual via Zoom Meeting. Selain itu, dalam rangka untuk selalu meningkatkan partnership for the goals sesuai dengan tujuan SDGs yang harus dicapai, kerjasama antara FFUA dan Assam University India kali ini berbentuk forum kuliah tamu atau Guest Lecture. Berperan sebagai representatif dari Assam University, Assist. Prof. Dr. Ram Kumar Sahu juga berperan sebagai speaker yang menyampaikan materi berjudul “Effective Tools for Systematic Review and Meta-analysis: Alternative Study for Publication Amid COVID-19 Pandemic”.

 

Pada kegiatan kuliah tamu yang diadakan pada Rabu, 29 September 2021 ini, Prof. Dr. Ram Sahu menjelaskan tentang beberapa materi, misalnya mengenai perbedaan antara systematic review dan narrative review dan berbagai metodologi untuk melakukan analisis. Kegiatan yang tidak hanya dihadiri oleh perwakilan dosen dari masing-masing universitas, tetapi juga mahasiswa, ini pun membuka forum tanya-jawab. Salah satu pertanyaan berasal dari Maria Gani, yaitu “Do all article samples in systematic review can be quantified in meta-analysis or we have to screen the articles first before doing quantification?”. Walaupun dalam kuliah tamu ini menggunakan bahasa Inggris, tetapi tidak menurunkan antusias peserta untuk berdiskusi, baik mengenai progress SDGs dan materi yang telah dipaparkan itu sendiri.

 

Setelah sesi diskusi, pemaparan materi, dan tanya jawab selesai, tidak lupa sertifikat apresiasi diberikan kepada Assist. Prof. Dr. Ram Kumar Sahu. Acara pun ditutup dengan foto bersama seluruh peserta diskusi. Dengan adanya diskusi mengenai SDGs antara Fakultas Farmasi dan Assam University ini diharapkan kerjasama di bidang kefarmasian dapat terus berlanjut di kemudian hari dan juga lebih memperkuat kolaborasi di bidang akademik yang berkelanjutan di masa depan.

 

 

 


Unduhan