info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Pharmashare Langsungkan Medical Check Up Gratis sebagai Implementasi SDGs 3


Pharmashare Langsungkan Medical Check Up Gratis sebagai Implementasi SDGs 3

Kegiatan Pharmashare yang telah dilakukan di Desa Palangsari, Pasuruan, Jawa Timur berjalan dengan lancar dan sukses. Berbagai macam aktivitas yang dilangsungkan pada 10–20 Juli 2024 mendapatkan sambutan baik oleh para warga desa setempat. Serangkaian kegiatan mulai dari penyuluhan, belajar ceria, goes to school, hingga medical check up gratis selalu ramai dihadiri oleh warga setempat.

Mengingat FF UNAIR selalu berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, maka medical check up gratis merupakan salah satu agenda yang wajib ada. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari kelima kegiatan Pharmashare. Kegiatan medical check up dilaksanakan dengan melakukan kolaborasi bersama dengan pihak KPLA FK UNAIR untuk bantuan tenaga medis. Medical check up dilaksanakan mulai dari pagi hari hingga maghrib karena besarnya antusias masyarakat dengan angka pendaftaran yang mencapai 99 (sembilan puluh sembilan) pendaftar. Kegiatan medical check up tersebut meliputi pengukuran tekanan darah, penimbangan berat badan, pemeriksaan oleh dokter yang kemudian terdapat pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat. Bukan hanya itu, pasien juga bisa mendapatkan obat secara gratis tanpa dipungut biaya. 

Selain itu, Bapak apt. Yusuf Alif Pratama, S.Farm., M.Farm. juga memberikan penyuluhan mengenai pencegahan diabetes dan hipertensi kepada warga Desa Palangsari. Di samping penyuluhan mengenai diabetes dan hipertensi, beliau juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan senam antikolesterol yang disambut antusias oleh para peserta. Harapannya, kegiatan ini dapat menumbuhkan awareness warga agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Kegiatan ini merupakan gerakan nyata FF UNAIR dalam mendukung penuh tercapainya SDGs 3 yaitu Good Health and Well-being.

 Mahasiswa FF UNAIR Melangsungkan Kegiatan Pharmashare

Baca juga:
Pharmashare: Bakti Mahasiswa FF UNAIR untuk Kemajuan Pendidikan