info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Pharmashare 2023: Sosialisasi Cara Pembuatan Lulur Tradisional.

Pharmacist Share merupakan suatu kegiatan yang berfokus pada kegiatan bakti sosial untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas kesehatan masyarakat desa binaan. Dalam rangkaian kegiatan pharmashare tahun ini, tim pengabdian masyarakat BEM Fakultas Farmasi Unair mengunjungi Desa Palangsari, Pasuruan untuk mengajarkan tata cara membuat lulur pada Minggu (02/07/23) kemarin.

Kegiatan ini didasari oleh keinginan Fakultas Farmasi Unair dalam mendukung sepenuhnya upaya Unair untuk mencapai Sustainable Development Goals, terutama tujuan ketiga, yakni Good Health and Well Being. Pasalnya, manfaat lulur untuk kesehatan tidaklah sedikit. Selain menghilangkan sel kulit mati, manfaat lulur lainnya juga bisa membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Hal ini karena pengangkatan sel kulit mati yang dilakukan lulur dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

Meski hanya dihadiri oleh beberapa pemuda desa setempat, kegiatan yang tak hanya pemaparan materi namun juga praktik ini berlangsung lancar dan penuh antusias. Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan pemuda-pemudi setempat mendapatkan keterampilan baru dalam bidang kesehatan, yang juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian komunitas lokal, seperti misalnya karang taruna desa.