info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

LKMM-TD 2023 Persiapkan Mahasiswa agar Lebih Siap Berorganisasi

Dr. apt. Abdul Rahem, M.Kes Menyampaikan Materi untuk Para Peserta LKMM-TD

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dilangsungkan pada Sabtu-Minggu (7-8/10/2023) ini. Berlangsung di Gedung Nanizar Zaman Joenoes, kegiatan ini mengundang 6 pemateri yang juga merupakan dosen Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR). Kegiatan LKMM-TD ini dihadiri oleh sembilan puluh mahasiswa, termasuk anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), dan mahasiswa umum FF UNAIR.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. apt. Abdul Rahem, M.Kes tentang “Kepemimpinan dalam Organisasi”. Bapak Abdul Rahem menekankan pentingnya jiwa kepemimpinan untuk menjalankan suatu organisasi karena ketua adalah kunci dari keberhasilan organisasi tersebut, entah dari sisi kegiatan maupun anggotanya.

Materi selanjutnya yakni mengenai “Pengembangan Proker” disampaikan oleh Bapak apt. Ahmad Dzulfikri Nurham, S.Farm, M.Farm. Dari materi pengembangan program kerja, para mahasiswa yang mengikuti LKMM-TD diajak untuk berlatih menciptakan program kerja baru yang inovatif oleh Ibu apt. Anila Impian Sukorini, S.Si, M.Farm. Dari sini, para mahasiswa yang telah dibagi menjadi sepuluh kelompok dipersilahkan untuk berdiskusi.

Hari selanjutnya, yakni materi keempat, disampaikan Bapak apt. Chrismawan Ardianto, M.Sc., Ph.D. dengan tajuk “Motivasi”. "Para mahasiswa tidak seharusnya berpikir bahwa mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mahasiswa seharusnya memiliki kesadaran bahwa mereka memiliki kapabilitas untuk melakukan sesuatu, hal kecil sekalipun,” pesan Bapak Chrismawan.

Bukan kesempatan yang tidak ada, lanjutnya, melainkan kita yang secara sadar atau tidak sadar telah menutupnya. “Oleh karena itu, cobalah segala kesempatan yang ada, tetap dengan memikirkan konsekuensi nantinya,” tutupnya.

Pemateri selanjutnya, Ibu apt. Ana Yuda, S.Si, M.Farm., membawakan materi penting mengenai “Administrasi”. Ibu Ana menunjukkan beberapa susunan acara, pemasukan, dan pengeluaran yang termuat dalam proposal. Pada sesi akhir, diskusi kembali dilakukan untuk melanjutkan rancangan program kerja yang lalu dengan menambahkan susunan acara serta rancangan biaya. Ibu Ana kemudian memilah beberapa kelompok untuk mempresentasikan tugas yang beliau beri umpan balik setelahnya.

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak apt. Catur Dian Setiawan, S.Farm, M.Kes. berjudul “Berbagi Pengalaman Model Usulan dan Pelaksanaan Kegiatan”. “Proposal itu suatu hal yang sederhana tapi sangat krusial karena dapat menentukan apakah suatu kegiatan dapat didanai atau tidak,” ujarnya. Lebih lanjut, Bapak Catur juga memberi contoh proposal yang dapat digunakan untuk menggaet sponsor agar lebih “dilirik” hingga berhasil melangsungkan kegiatan.

Kegiatan LKMM-TD FF UNAIR


Penulis : Leivina Ariani S.P.
Editor: Tim Humas FF UNAIR
Dokumentasi : Panitia PDD LKMM-TD 2023