info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

198 Apoteker Baru FF UNAIR Resmi Disumpah dan Siap Mengabdikan Diri ke Masyarakat

Sumpah Apoteker Periode 116 FF UNAIR

Seperti yang kita ketahui bersama, apoteker merupakan salah satu petugas negara yang mengabdi berdasarkan keahlian atau ilmunya untuk melindungi masyarakat di bidang kesehatan apoteker merupakan salah satu profesi yang sangat penting di dunia kesehatan. Para Apoteker mengabdi berdasarkan keahlian atau ilmunya untuk melindungi masyarakat di bidang kesehatan.

Berdasarkan hal itulah, upacara pengucapan lafal sumpah apoteker menjadi agenda penting saat para apoteker diluluskan dari perguruan tinggi masing-masing. Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) pun sebagai pencetak lulusan apoteker terbaik di Indonesia juga tak pernah melewatkan agenda ini.

Setelah pada hari sebelumnya (11/9/2023) melakukan persiapan berupa Gladi Bersih Sumpah Apoteker periode 116 dengan sangat matang, tepat pada hari ini (12/9/2023) agenda Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker periode 116 resmi digelar. Sejumlah 198 Apoteker baru lulusan FF UNAIR didampingi dengan keluarga tercinta masing-masing mulai memenuhi gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C UNAIR sejak pagi hari. Raut wajah gembira dan berbangga terpancar jelas dari wajah mereka.

Kala itu, acara dibuka oleh Dekan FF UNAIR, Prof. apt. Junaidi Khotib, M.Kes., Ph.D. Tak sendirian, Prof. Junaidi berdampingan dengan dewan sidang yang lain yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni (Prof. Dr. Bambang Sektiari Lukiswanto, drh, DEA), Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (Dr. apt. Yunita Nita, S.Si.,M.Pharm.), Ketua Konsil Kefarmasian diwakili oleh anggota Konsil Kefarmasian (Drs. Heru Sunaryo, Apt., MKM.), dan Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia diwakili oleh Wakil Ketua Umum (Dr. apt. Abdul Rahem, M.Kes.).

Prosesi pengucapan lafal sumpah apoteker yang dipimpin oleh Dekan FF UNAIR berlangsung sangat khidmat. Kemudian, diikuti dengan pengukuhan sumpah menurut agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha sesuai dengan agama yang dianut oleh para apoteker baru periode ini.

Pada Sumpah Apoteker periode 116 ini, muncul tiga nama yang merupakan lulusan apoteker terbaik. Ketiga lulusan yang berprestasi ini adalah apt. Nadhira Fatharani, S.Farm. (Apoteker terbaik 1), apt. Kevin Ksatria Handoko, S.Farm. (Apoteker terbaik 2), dan apt. Putri Ajeng Pitaloka, S.Farm. (Apoteker terbaik 3). 

Tak hanya itu, diberikan juga penghargaan NOVELL Award kepada apt. Putri Ajeng Pitaloka, S.Farm. dan apt. Clara Ayu Noventia Pradjarto, S.Farm. Kemudian disusul dengan pemberian penghargaan oleh KALBE Award kepada apt. Kevin Ksatria Handoko, S.Farm. Tak lupa DEXA Award juga memberikan penghargaan kepada apt. Nadhira Fatharani, S.Farm..

Bukan hanya kegembiraan, namun sebetulnya duka juga menyelimuti pelaksanaan agenda Sumpah Apoteker 116. Pasalnya ada salah satu mahasiswa apoteker, yaitu Vina Aulia Tri Andriana yang harus berpulang dan belum sempat menyelesaikan studinya. apt. Achmad Aziz Jauhari, S.Farm. selaku perwakilan Apoteker baru yang memberikan sambutan pada kala itu juga turut menumpahkan kesedihannya mengenang teman seperjuangannya tersebut.