info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR dan WUACD UNAIR Berikan Penyuluhan dan Melakukan Penanaman TOGA Hingga ke Negeri Jiran Malaysia

Penanaman Tanaman Obat di Johor Malaysia

Pada Sabtu (26/8/2023) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) kembali menunjukkan perannya dalam pengabdian kepada masyarakat (pengmas). Bersama dengan Tim World Universities Association for Community Development (WUACD) UNAIR dan Universiti Teknolongi Malaysia (UTM), tim pengmas FF UNAIR mengadakan penyuluhan dengan judul "Mengenal Tanaman Obat Jahe, Kunyit, dan Sereh".

Tim dari FF UNAIR terdiri dari Wakil Dekan III, Prof. apt. Dewi Melani Hariyadi, M.Phil., Ph.D., Ibu apt. Suciati, M.Phil, Ph.D., dan Ibu apt. Gusti Noorrizka Veronuka Achmad, S.Si., M.Sc.. Ketiganya menjelaskan dengan detail terkait apa itu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) hingga khasiat dan bagaimana cara pemanfaatannya.

Menariknya, jika biasanya kegiatan semacam ini dilakukan di dalam negeri, kali ini penyuluhan diselenggarakan di negeri tetangga, Malaysia. Tak hanya itu, setelah sesi pemaparan materi usai, dilakukan juga penanaman TOGA di kebun masyarakat flat Kangkar Pulai Johor, Malaysia. 

Para warga lokal yang menjadi peserta penyuluhan kala itu terlihat bersungguh-sungguh saat menanam TOGA. Bahkan mereka pun menanyakan tips untuk mewarat TOGA yang baik hingga nantinya dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, FF UNAIR turut mendukung Sustainable Deveopment Goals (SDGs) pada bidang kesehatan. Tak hanya itu, impact yang diberikan pun terasa lebih cepat dan nyata melalui praktek penanaman TOGA ini. Melalui kegiatan pengmas internasional ini juga FF UNAIR terbukti memiliki kontribusi yang baik pada tingkat global.

Tim pengmas FF UNAIR berharap melalui penyuluhan yang telah mereka berikan, TOGA yang ditanam tersebut dapat dirawat dengan sebagaimana mestinya dan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. 

 

Baca juga:
Menggandeng UTM, FF UNAIR Bersama WUACD UNAIR Laksanakan Pengmas Internasional di Johor Malaysia