info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Menggandeng UTM, FF UNAIR Bersama WUACD UNAIR Laksanakan Pengmas Internasional di Johor Malaysia

Pelaksanaan Pengmas Internasional di Johor Malaysia

Tidak hanya berfokus pada pengajaran, perguruan tinggi yang memiliki peran serta tanggung jawab penting dalam pengembangan masyarakat juga bertugas untuk melakukan pengabdian masyarakat (pengmas). Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) sebagai fakultas farmasi terbaik di Indonesia tentunya juga melakukan hal tersebut. 

Bersama dengan tim World Universities Association for Community Development (WUACD) UNAIR, FF UNAIR melaksanakan kegiatan pengmas internasional. Tim dari FF UNAIR beranggotakan Wakil Dekan III, Prof. apt. Dewi Melani Hariyadi, M.Phil., Ph.D. ditemani dengan dua dosen. Keduanya adalah Ibu apt. Suciati, M.Phil, Ph.D. dan Ibu apt. Gusti Noorrizka Veronuka Achmad, S.Si., M.Sc.

Pengmas ini dilaksanakan di Johor Malaysia selama tiga hari mulai dari tanggal 25-27 Agustus 2022. Kegiatan ini juga berhasil terselenggara berkat kerjasama antara UNAIR dan Universiti Teknolongi Malaysia (UTM).

Kala itu semua peserta yang merupakan warga lokal Johor Malaysia kompak mengenakan pakaian berwarna merah. Sedangkan tim FF UNAIR dan WUACD UNAIR tentunya mengenakan pakaian kebanggan masyarakat Indonesia yang indah sekaligus unik, batik.

Kala itu para peserta diberikan edukasi terkait tanaman obat keluarga atau yang biasa kita sebut dengan TOGA. Mereka dibekali dengan ilmu pemanfaatan TOGA tersebut dan apa saja khasiat yang dikandung oleh tanaman-tanaman tersebut. Antusiasme para peserta pada kegiatan ini terlihat besar melihat dari keseriusan mereka dalam mendengarkan materi yang disampaikan. Mereka juga tak segan melontarkan beberapa pertanyaan untuk menjawab rasa ingin tahunya.

Pada akhir acara, para peserta bersama dengan tim pengmas dari FF UNAIR, WUACD UNAIR, dan UTM tidak lupa untuk berfoto bersama mengenang momen tersebut. Tak hanya itu, agenda pemberian cinderamata juga disempatkan sebelum foto bersama.

Kegiatan ini tentunya membuat kontribusi FF UNAIR dalam pengembangan masyarakat menjadi lebih besar. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pengmas FF UNAIR tidak hanya terlaksana di tanah air namun juga hingga ke mancanegara, sehingga dampak yang diberikan menjadi lebih luas.


Tim Pengmas dan Peserta Berfoto Bersama serta Pemberian Cinderamata oleh Wakil Dekan III FF UNAIR (paling kiri)

 

Baca juga:
FF UNAIR dan WUACD UNAIR Berikan Penyuluhan dan Menanam TOGA Hingga ke Negeri Jiran Malaysia