info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Doktor Ilmu Farmasi Sukses Gelar Workshop Penulisan Naskah, Usai Kegiatan Mahasiswa Langsung Daftarkan Diri untuk Ujian

Dekan FF UNAIR Memberikan Arahan

Selama 5 hari belakangan ini, tepatnya pada tanggal 22-26 Mei 2023 Program Studi Doktor Ilmu Farmasi (DIF) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) sukses melaksanakan workshop penulisan naskah.

Workshop yang diberi judul "Penulisan Naskah Kualifikasi dan Proposal Penelitian Disertasi dalam Rangka Percepatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Doktor Program Doktor Program Studi Ilmu Farmasi" ini terlaksana di Ruang Sidang lantai 2 Gedung Nanizar Zaman Joenoes. Sesuai dengan judulnya, kegiatan ini memang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa untuk segera merampungkan studinya.

Agenda pada hari pertama, usai Dekan FF UNAIR Prof. Junaidi Khotib memberikan motivasi dan arahan pada mahasiswa, acara dilanjutkan dengan paparan materi oleh Prof. Djoko Agus Purwanto selaku Kaprodi DIF FF UNAIR. Beliau menjelaskan terkait penulisan naskah kualifikasi dan proposal disertasi bab 1. Setelah paparan materi, para mahasiswa mulai melakukan diskusi dengan Promotor dan Ko-Promotor masing-masing untuk mulai menulis proposal disertasinya.

Rangkaian kegiatan pada hari ke-2 tidak jauh berbeda dengan hari pertama. Pemateri yang dihadirkan kala itu adalah Prof. Dr. apt. Muhammad Zainuddin yang menjelaskan tentang penulisan naskah kualifikasi dan proposal disertasi bab 2 dan 3. Kemudian tentunya mahasiswa berdiskusi dengan Promotor dan Ko-Promotornya.

Pada hari ke-3, Prof. Djoko Agus Purwanto kembali memberikan materi. Kali ini beliau mempresentasikan penulisan naskah untuk bab 4. Sementara di hari selanjutnya, staf Perpustakaan UNAIR diundang untuk menyampaikan materi mengenai referece manager

Setelah diberikan materi terkait penulisan disertasi mulai dari bab 1 hingga 4 serta reference manager, di hari terakhir agenda ini dilakukan finalisasi dan penyusunan presentasi untuk ujian kualifikasi atau proposal. Rangkaian kegiatan ini secara resmi ditutup oleh Wakil Dekan II FF UNAIR, Bapak apt. Mahardian Rahmadi, Ph.D. Tak lupa beliau juga memberikan dukungan kepada para peserta untuk segera menyelesaikan studinya sehingga dapat terjun ke masyarakat dengan menyandang gelar yang baru.

Workshop ini terbukti sukses dan efektif karena seusai kegiatan, para mahasiswa yang menjadi peserta workshop berbondong-bondong mendaftarkan dirinya untuk mengikuti ujian. Bahkan ada juga mahasiswa yang telah melakukan ujian sebelum agenda ini resmi ditutup pada hari Jum'at (26/5/2023).

Rangkuman Dokumentasi Kegiatan Selama 5 Hari