Peserta AIPHE Summer School Mengulik Pengobatan Tradisional Masyarakat di Sekitar Gunung Bromo

The 3rd International Summer School, Association of Indonesian Pharmacy Higher Education (AIPHE) Year of 2022 telah memasuki hari kesepuluh (27/08/2022). Mengusung tema “The Soul of Jamu and Bromo Cultural Remedies”, mahasiswa internasional dan para peserta Summer School melangsungkan agenda Field Visits and Interviews Ethnophrmaceuticals in Bromo and Community Development.

Setelah melakukan Pengabdian Masyarakat di wilayah Desa Ngadisari, mereka melakukan wawancara terhadap masyarakat lokal di Desa Ngadisari mengenai tanaman tradisional dan pengobatan tradisional yang digunakan masyarakat lokal disana. Mahasiswa internasional dibagi menjadi beberapa kelompok yang didampingi oleh panitia mahasiswa Farmasi Universitas Airlangga.

Pada kegiatan ini, setiap kelompok yang terdiri dari 4 orang dengan 1 pendamping melakukan wawancara terhadap masyarakat disana dengan berbagai pertanyaan yang berhasil memberikan mereka pengetahuan baru tentang pengobatan tradisional disana. Mahasiswa internasional yang terlibat cukup aktif dalam bertanya dan masyarakat disana cukup aktif dalam menjawab pertanyaan mereka. Dalam sesi ini juga secara kebetulan masyarakat Desa Ngadisari menunjukkan tanaman/buah yang biasa mereka gunakan untuk pengobatan tradisional sehingga mahasiswa internasional tidak hanya tahu dalam penjelasan tapi juga tahu dalam bentuk fisiknya.

Pada akhir sesi wawancara, dengan besar hati masyarakat disana memberikan semua buah (terong belanda) yang baru saja mereka panen kepada mahasiswa internasional dan memberikan praktik secara langsung bagaimana cara mengonsumsinya. Pada sesi ini cukup berkesan bagi mereka dan ditutup dengan ucapan terima kasih cukup besar dari mahasiswa internasional kepada masyarakat Desa Ngadisari.


Agenda
Unduhan