Agenda Berlanjut, Summer School bekerjasama dengan ASCLEPIUS Mengenalkan Budaya Indonesia Melalui Jamu dan Aromaterapi

Rangkaian acara The 3rd International Summer School AIPHE in conjunction with ASCLEPIUS 2022 dilanjutkan pada Jumat, (19/8). Acara dilaksanakan secara luring yang bertempat di Hall lt.1 Gedung Nanizar Zaman Joenoes, serta daring di Kanal Digital APTFI. Acara dikemas dengan beberapa sesi, di antaranya adalah pembukaan, pemaparan materi, studi kasus, dan focus group discussion.

ASCLEPIUS sendiri merupakan serangkaian acara short course yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. ASCLEPIUS mengundang narasumber dari berbagai negara dan diikuti oleh peserta dari tingkat mahasiswa hingga profesi. Negara-negara tersebut di antaranya yaitu Afghanistan, India, Malaysia, Sudan, hingga Tanzania. Baik dari pihak penyelenggara maupun pihak peserta terlihat siap dan antusias dalam mengikuti serangkaian acara ASCLEPIUS ini.

Acara dimulai dengan pembukaan dari MC, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Hymne Airlangga. Sesi selanjutnya diserahkan kepada Dr. apt. Wiwied Ekasari, M.Si. selaku narasumber untuk memaparkan materi mengenai obat tradisional atau jamu.

Dalam pemaparannya, dosen Fakultas Farmasi UNAIR itu menjelaskan bahwa jamu adalah warisan budaya Indonesia berupa ramuan tumbuhan obat yang telah digunakan secara turun temurun serta telah terbukti aman dan berkhasiat untuk kesehatan. Lebih lanjut, Ia menjelaskan beberapa tipe jamu lainnya, seperti Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka. Adapun salah satu contoh yang diberikan yaitu seledri yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Pemaparan materi sesi satu itu kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab.

Acara berlanjut dengan pemaparan materi sesi dua yang disampaikan oleh Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS. mengenai aromaterapi. Dalam materinya, Ia menyebutkan urgensi dari aromaterapi itu sendiri, yakni hal penting dalam manajemen stres.

“Aromaterapi ini sangat penting. Ini adalah cara penting untuk manajemen stres," paparnya.

Pemilik kanal kesehatan di YouTube itu juga menjelaskan definisi aromaterapi sebagai salah satu pengaplikasian minyak esensial yang berguna bagi kesehatan. Aromaterapi menurutnya dapat memberikan efek relaksasi bagi penggunanya sehingga dapat menenangkan pikiran. Ia kemudian juga menyebutkan tumbuhan lavender sebagai salah satu contoh aromaterapi.

Setelah menyelesaikan kedua sesi pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi studi kasus dan focus group discussion. Peserta diberikan studi kasus berkaitan dengan materi yang telah diterangkan sebelumnya dan dipersilakan berbicara menggunakan mikrofon yang telah disediakan. Bagi yang bergabung secara daring dipersilakan menyalakan mikrofonnya jika ingin menanggapi. Sesi ini berjalan aktif dan interaktif dengan tetap mempertahankan kondusifitas.

Kemudian pada pukul 11.10 WIB, acara ditutup oleh moderator. Harapannya, acara ini dapat menambah wawasan mengenai obat tradisional dari berbagai negara di dunia.

Reporter : Alfiyya (2021)
Editor : Qalby (2020)


Agenda
Unduhan