Edukasi dan Pelatihan Pemanfaatan Jeruk Nipis menjadi Produk Industri Rumah Tangga di Desa Bolo, Gresik

Foto Bersama peserta dan panitia

Edukasi dan Pelatihan Pemanfaatan Jeruk Nipis menjadi Produk Industri Rumah Tangga di Desa Bolo, Gresik sebagai Strategi Penguatan Kemitraan Masyarakat dalam Mencapai Tujuan SDGS

Gresik, 10 Agustus 2022 – Tim dosen dan Mahasiswa Fakultas Farmasi Unair (FF UNAIR) menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Bolo Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 45 orang warga yang berprofesi sebagai petani jeruk nipis. Meskipun prospek budidaya jeruk nipis di desa Bolo sangat menjanjikan, namun tantangan muncul ketika terjadi surplus panen. Saat musim panen, harga jeruk nipis merosot tajam dan menyebabkan para petani mengalami kerugian. Akibatnya ada banyak buah yang terbuang dan tidak termanfaatkan. Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat bahwa jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi serta senyawa-senyawa fenolik yang berpotensi digunakan sebagai antioksidan. Sebagai bentuk kontribusi terhadap masyarakat, tim Pengmas FF UNAIR yang diketuai oleh Dr. apt. Idha Kusumawati, M.Si. mengadakan kegiatan edukasi dan pelatihan pengolahan jeruk nipis menjadi beberapa produk pangan yang potensial. Para peserta tidak hanya mendapatkan materi penyuluhan, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan pembuatan produk secara langsung.

Beberapa produk yang diperagakan dan ditunjukkan dalam kegiatan ini antara lain: dried lime slice, minuman kombinasi jeruk nipis dengan kunyit, jeruk nipis dengan kencur, jeruk nipis dengan jahe, sirup jeruk nipis, salad dressing, sauce dressing, cookies, dan beberapa jenis kue. Kegiatan yang dilakukan ini mendapatkan respon positif dari kepala desa Bolo, Bapak Ihsanul Hakim selaku perwakilan petani jeruk nipis serta pimpinan Pondok Pesantren Sumber Terang, Bapak Ahmad Ja'far Ghoni yang menyediakan tempat selama kegiatan berlangsung. Dengan kegiatan ini, para petani Jeruk nipis diharapkan dapat memanfaatkan produksi panen berlebihnya untuk dikembangkan sebagai produk makanan/minuman yang potensial dengan memanfaatkan serangkaian teknologi yang ada.

Penyampaian materi edukasi oleh Prof. Dr. apt. Retnosari, M.Sc.

Kegiatan pelatihan pengolahan produk berbahan jeruk nipis


Beberapa produk berbahan jeruk nipis yang didemokan


Agenda
Unduhan