info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

GEMAS (Gerakan Mahasiswa Sedekah) dan SOSMAS (Sosial Masyarakat) Potion (Pharmacy Open Donation) 2022

 

Potion (Pharmacy Open Donation) merupakan salah satu program kerja departemen pengabdian masyarakat BEM FF Unair yang dibentuk sebagai wujud kepedulian dan kepekaan mahasiswa kepada masyarakat sekitar. Sebagai gerakan dalam bidang pengabdian masyarakat, Potion diharapkan dapat memberikan bantuan dan manfaat untuk banyak orang. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan dalam program kerja Potion yaitu SOSMAS (Sosial Masyarakat) dan GEMAS (Gerakan Mahasiswa Sedekah).

 

GEMAS (Gerakan Mahasiswa Sedekah) merupakan kegiatan pengumpulan dana sedekah yang ditargetkan kepada mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga yang dilaksanakan secara rutin dua kali setiap sebulan. Dengan adanya GEMAS diharapkan dapat menjadi wadah para mahasiswa yang ingin bersedekah atau berbagi. Dana yang terkumpul dari kegiatan GEMAS akan disalurkan kepada masyarakat melalui kegiatan sosial masyarakat. SOSMAS (Sosial Masyarakat) merupakan kegiatan berbagi yang ditujukan kepada masyarakat sekitar. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali setiap akhir bulan.

 

Ada berbagai macam bentuk kegiatan SOSMAS seperti membagikan nasi bungkus, membagikan sembako, dan membagikan takjil kepada masyarakat sekitar. Selain itu kegiatan SOSMAS juga dilaksanakan melalui kolaborasi dengan salah satu komunitas berbagi nasi bungkus di Surabaya dimana kegiatannya adalah membagikan nasi bungkus kepada masyarakat sekitar. Kegiatan GEMAS rutin ini telah dilaksanakan pada tanggal 6 April 2022 yang sebelumnya telah dilakukan penyaluran dana terkumpul pada tanggal 31 Maret 2022. Dengan adanya kegiatan GEMAS yang dilanjutkan dengan SOSMAS diharapkan dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga serta dapat bermanfaat atau membantu orang yang membutuhkan.