info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Bahan Alam untuk Perawatan Tubuh hingga Kuku

Selain memanfaatkan bahan herbal untuk membersihkan wajah dan merawat wajah, melakukan perawatan tubuh hingga kuku juga penting dilakukan. Menurut Prof. Dr. apt. Mangestuti agil, MS. untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tangan, kaki, dan kuku sebenarnya mudah dan tidak perlu mahal, karena dasar utama perawatannya hanyalah mempertahankan kelembapan.

Kesehatan kuku kaki sering terlupakan, padahal menjadi pintu masuk infeksi. Cara konvensional untuk perawatan kaki dan kuku adalah cukup dengan perendaman 10–15 menit dalam air hangat yang diberi campuran cuka dan cairan antiseptik. Selain itu, merendam kaki (footbath) juga bisa dilakukan dengan air bunga yang memang sudah lama jadi cara relaksasi dan perawatan kaki. 

Selain merendam kaki, kita juga perlu memberikan scrub atau lulur pada kaki. Scrub bisa membantu mengatasi bagian kulit yang kasar, menebal atau bahkan pecah-pecah karena aktivitas rutin, misalnya olahraga dan kebiasaan berjalan tanpa alas kaki. Campuran bahan alam dari oatmeal, garam kasar, dan minyak zaitun bisa menjadi solusi untuk permasalahan pada kaki. Caranya, semua bahan diaduk hingga membentuk campuran kasar, kemudian oleskan pada daerah kaku sambil dipijat. Biarkan 5–10 menit. Setelahnya, cuci dengan air hangat.

Sementara itu, hand scrub atau lulur untuk tangan juga tidak kalah penting. Bahan bakunya adalah campuran setengah cangkir gula pasir, setengah cangkir Epsom salt, 6 tetes minyak esensial lemon, dan 3 sendok makan minyak almond/minyak zaitun. Aduk semua bahan, kemudian masukkan ke dalam wadah bersih yang bertutup rapat. Pemakaiannya cukup dengan dioles di seluruh bagian tangan yang kemudian digosok. Diamkan 15 menit, lalu cuci dengan air hangat dan keringkan. Campuran bahan tersebut mampu membantu pengelupasan sel kulit mati, mempertahankan kelembapan, dan menyerap kotoran.

Sumber: Koran Jawa Pos section "HERBAL" yang ditulis oleh Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS.