info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Cantiknya Wajah dengan Pembersih Wajah Berbahan Alam

Kaum hawa pasti suka dengan segala bentuk perawatan wajah. Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS. membagikan tips untuk memanfaatkan bahan-bahan alam sebagai pembersih wajah. Susu pembersih sudah populer di kalangan wanita Indonesia sejak bertahuntahun lalu. Salah satu produk yang disukai dan laris adalah susu pembersih mentimun yang merupakan kombinasi susu dan jus buah mentimun. Buah mentimun segar terbukti secara ilmiah kaya kandungan zat bioaktif yang diperlukan kulit. Sedangkan susu memiliki kemampuan menyerap kotoran, ”meredakan” suasana kulit,melengkapi nutrisi, dan mengencangkan kulit.

Selain susu hewani, efektivitas susu nabati seperti susu kedelai juga cukup baik untuk dijadikan pembersih wajah. Susu kedelai terbukti kaya zat kandungan isoflavon yang kerjanya seperti hormon wanita estrogen, yaitu memperlambat proses penuaan kulit. Efek calming susu kedelai sesuai untuk dicobakan pada jenis kulit sensitif.

Selain susu kedelai, sereal seperti havermot juga terbukti efektivitasnya secara klinis memperbaiki kulit kering dan mempertahankan kekuatan kulit sebagai pelindung. 

Sumber: Koran Jawa Pos section "HERBAL" yang ditulis oleh Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS.