info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Cantik Alami dengan Memanfaatkan Mentimun

Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS., kembali membagikan rahasia kecantikan alami para wanita Indonesia selain menggunakan lidah buaya dan minyak kelapa, yaitu dengan mentimun. Kita pasti sudah tak asing lagi dengan mentimun karena sangat banyak dibudidayakan di negeri tercinta maupun di dunia.

Studi menunjukkan bahwa pada mentimun terdapat senyawa kandungan lignan, vitamin K, cucurbitacin, dan senyawa turunannya (triterpenoid), flavonoid (apigenin, luteolin, quercetin, dan kaempferol), antioksidan (betakaroten dan vitamin C), vitamin B, vitamin lain, serta mineral.

Menurut Prof. Mangestuti, mentimun memiliki banyak kegunaan diantaranya adalah dapat mengatasi kantong mata dan radang karena dapat memberikan efek pendinginan. Kandungan vitamin K pada mentimun bisa membantu mencegah atau menyembuhkan kerusakan kulit sekitar mata seperti bengkak atau warna menghitam. 

Selain itu mentimun juga dikenal sebagai produk pembersih kulit. Asam glikolat dan laktat yang ada pada mentimun dapat berkhasiat untuk eksfoliasi, yaitu membantu pengelupasan sel kulit mati.cKandungan air pada mentimun juga bisa mencegah kekeringan kulit. 

Jika memiliki masalah kulit berjerawat juga dapat diatasi dengan masker berbahan jus mentimun. Masker ini dapat membantu meredakan iritasi dan pembengkakan kulit wajah. Apabila ditambahan dengan havermut maka masker akan memberikan efek meredakan, melembutkan, dan membantu pengelupasan sel kulit mati.

Sumber:
https://www.jawapos.com/kesehatan/29/01/2022/khasiat-mentimun-kosmetik-alami-untuk-mata-panda-hingga-kulit-mati/