info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Ini Dia Manfaat Aloe Vera bagi Kecantikan hingga Kesehatan Tubuh

Aloe Vera atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Lidah Buaya ternyata memiliki segudang manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh kita. Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS., guru besar Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) memaparkan berbagai manfaat tersebut.

Sudah tidak asing lagi bahwa gel lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kencantikan rambut. Jika digunakan secara rutin, kombinasi kandungan vitamin dan kemampuan melembapkan dari lidah buaya akan merangsang pertumbuhan sel baru sehingga rambut rapuh dan rontok dapat teratasi.

Lidah buaya juga dapat mengatasi permasalahan kulit termasuk lukar bakar, luka yang tidak dalam dan peradangan pada kulit. Kita dapat mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang mengalami permasalahan tersebut. Selain itu untuk perawatan kulit dan tubuh, lidah buaya telah dikonfirmasi mampu memperbaiki elistisitas kulit dan dapat meningkatkan rangsangan produksi kolagen.

Gangguan gusi ternyata mampu diobati dengan lidah buaya. Pada tahun 2020 lalu berhasil menemukan manfaat lidah buaya untuk gigi dan rongga mulut. Tidak kalah dengan produk berbahan kimia, obat kumur berbahan dasar aloe vera ternyata mampu mengobati infeksi gusi serius yang merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi.

Megatasi gangguan cerna dengan lidah buaya juga dapat dilakukan. Jus daun lidah buaya pada dosis tertentu dapat mempercepat pemyembuhan ulcer. Sedangkan sirup lidah buaya, jika diminum sebanyak 10 ml per hari dapat digunakan untuk mengatasi gangguan GERD. 

Tak lupa, Prof. Mangestuti juga memberikan peringatan bahwa kita harus tetap berhati-hati saat menggunakan gel lidah buaya karena sebagian orang dapat mengalami alergi. Untuk memastikan, oleskan gel pada kulit bagian dalam pergelangan tangan dan tunggu reaksinya selama 2 jam. Kemudian beliau juga berpesan jangan menggunakan krim hidrokortison bersama lidah buaya karena dapat mempercepat penyerapan hidrokortison. 

Sumber: Koran Jawa Pos section "HERBAL" yang ditulis oleh Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS.