info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Sebagai Antiradang hingga Antikanker, Prof. Mangestuti Agil Informasikan Khasiat Kersen

Buah dan Daun Kersen (Sumber Foto: Canva)

Kersen atau ada juga yang menyebutnya keres pasti sudah tak asing lagi di telinga kita. Bernama ilmiah Muntingia calabura ini banyak tumbuh di Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa kersen memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Prof. Mangestuti Agil menginformasikan berbagai manfaat kersen melalui artikel ilmiah populer yang beliau buat. Beliau sengaja mempublikasikannya melalui media elektronik dan cetak pada salah satu media masa yang kredibel dan banyak dibaca masyakarat sehingga informasi tersebut memberikan dampak yang besar untuk kesehatan masyarakat.

Penelitian berbagai ekstrak daun telah dicobakan pada kultur aneka sel kanker. Hasil menunjukkan bahwa kandungan zat yang sangat kaya pada kersen mampu membantu mengatasi atau mengendalikan gangguan kesehatan termasuk pertumbuhan sel kanker.

Kersen juga dinilai dapat membantu melindungi fungsi liver. Penelitian di negara Malaysia dan India menunjukkan bahwa terdapat antoksidan dan antiradang pada daun kersen yang diekstraksi dengan berbagai pelarut. Antioksidan tersebut dapat menertralkan radikal bebas yang dapat menganggu fungsi liver.

Selain itu, pada hasil penelitian lain juga ditemukan bahwa daun kersen dapat digunakan sebagai obat antidiabetes yang potensial.

 

Sumber:
Jawa Pos