Pharmacare 2021: Satu Tetes Yang Dapat Menyelamatkan Dunia

Donor darah adalah kegiatan yang memiliki dampak positif bagi lingkungan sekitar. Dimana kita dapat untuk membantu orang lain yang memerlukan tranfusi darah. Dimasa pandemi Covid-19 ini menyebabkan banyak sekali perubahan dalam kehidupan masyarakat seperti adanya peraturan protokol kesehatan baru, peraturan bahwa kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan secara daring dan banyak hal laiinya. Ternyata pandemi Covid-19 ini juga berimbas pada kegiatan donor darah, dalam memperigati hari “Donor Darah Sedunia” Program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FF UNAIR yaitu Pharmacare mengadakan edukasi online seputar donor darah kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan sebagi bentuk contoh program SDGs 3 yang bergerak pada bidang kesehatan.

Edukasi yang dilakukan berlangsung pada tanggal 14 juni 2021 tepat dihari peringatan “Donor Darah Sedunia”. Edukasi yang kai lakukan adalah dengan menggunkan infografis yang berisi materi mengenai sejarah donor darah, jenis donor darah, hal yang harus diperhatikan saat donor darah dan juga membahas mengenai protokol kesehatan yang harus dilakukan saat akan mendonorkan darah dimasa pandemi ini. Selain itu, pharmacare juga mengadakan wawancara dengan Kepala markas PMI Kabupaten Buleleng dan Ketua PDDI kabupaten Buleleng, dimana dalam wawancara ini kami membahas mengenai hambatan kegiatan donor darah pada saat pandemic dan strategi apa yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Hasil dari wawancara ini dipublikasikan dalam bentuk video yang diunggah pada official account instagram Pharmacare. Untuk memeriahkan acara Pharmacare juga mengadakan mini games yang kami kemas dalam bentuk permainan teka-teki silang berhadiah.

Dengan diadakan kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat mengerti dan mengetahui hal-hal apa yang penting dan perlu diperhatikan saat akan melakukan donor darah terutama pada saat pandemi. Kami panitia juga berharap semakin banyak masyarakat yang mau untuk mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.


Unduhan