Peran Serta PKK dalam Rangka Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat tentang Obat

 

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Salah satu upaya peningkatan kesehatan, yang juga merupakan tujuan dari SDG 3 (Good Health & Well-Being) adalah melalui pemberian kesadaran kepada masyarakat tentang kewaspadaan masyarakat terhadap obat. Peran yang dapat diambil oleh para dosen Fakultas Farmasi Unair adalah ikut serta mencerdaskan masyarakat Indonesia khususnya di bidang pengetahuan tentang obat yaitu mulai dari bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang atau yang disingkat DAGUSIBU. Dalam rangka peningkatan dan pengintesifan peningkatan kesehatan di masyarakat maka dilakukan kerjasama antara penyuluh dari peguruan tinggi dan IAI di Tuban. Oleh karena itu, hal ini termanifestasi dalam program pengabdian masyarakat yang berjudul “Peran Serta PKK dalam Rangka Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat tentang Obat”. 

 

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dra. Esti Hendradi, MSi., Ph.D., Apt. ini telah dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2020. Karena ada pandemi yaitu wabah Covit 19 yang sampai saat ini masih berlangsung maka pengabdian masyarakat diberikan secara daring. Walaupun acara diadakan dalam bentuk Webinar via Zoom Meeting, tetapi acara ini dapat dihadiri oleh 73 peserta. Beberapa narasumber juga turut serta memaparkan materi-materi, seperti materi tentang DAGUSIBU yang disampaikan oleh Bapak Dr. apt. Sugiyartono MS dan Teknologi Pembuatan Susu Fermentasi Probiotik sebagai Suplemen Makanan yang disampaikan oleh Ibu Dr. apt. Isnaeni, MS.

Setelah semua materi telah dipresentasikan, tibalah sesi tanya jawab yang dipandu oleh Ibu Dr. apt. Tristiana Erawati, MSi. Pada saat dilakukan tanya jawab, para peserta antusias sekali dalam menjawab sehingga terpilih 10 peserta yang mendapatkan doorprize. Berdasarkan data yang didapatkan dari peserta pengabdian masyarakat bisa disimpulkan bahwa pengetahuan Ibu-Ibu kader PKK dan Ibu-Ibu IAI meningkat.

 

Pada akhir acara, penyerahan hadiah dan sertifikat dilakukan secara simbolis yang diwakili oleh Ketua IAI cabang Tuban Ibu Dra. apt. Wiwin Muhamidah Asriningsih, S.Farm dan diserahkan oleh Ibu Ketua Tim Pengabdian Masyarakat yaitu Ibu Dra. apt. Esti Hendradi, MSi., Ph.D.

 


Unduhan