INTERNATIONAL WEBINAR "Drug Development for Combatting SARS-COV2"

Dalam rangkaian perayaan Dies Natalis Universitas Airlangga ke-66, Fakultas Farmasi dengan bangga melaksanakan webinar Internasional dengan tema “Drug Development for Combatting SARS-COV2”. Sebagai Institusi pendidikan di bidang kesehatan khususnya pakar dalam hal obat-obatan, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga turut serta berperan aktif dalam pencarian obat maupun vaksin untuk mengatasi pandemik yang telah terjadi hampir di seluruh negara di dunia. Kegiatan webinar telah terlaksana dengan lancar pada Selasa, 24 November 2021. Sekitar lebih dari 300 peserta telah melakukan pendaftaran dan 700 peserta aktif mengikuti kegiatan baik melalui platform zoom maupun secara live streaming channel Youtube Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Sebaran peserta berasal dari beberapa negara di dunia, seperti USA, Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Jepang, India, Nigeria, UK, dan Indonesia tentunya. 

Pada webinar ini juga, terdapat empat narasumber dari empat Universitas yang berbeda, yang masing-masing memaparkan topik yang berbeda-beda. Narasumber pertama, yaitu Dr. Teruna J. Siahaan, menjelaskan tentang “Design of Peptidomimetic Inhibitors SARS-CoV-2 Virus Replication”. Dilanjutkan dengan topik yang berjudul “Nanotechnology and Coronavirus” yang disampaikan oleh Dr. Amirali Popat sebagai narasumber kedua. Setelah itu, Dr. Waranyoo Phoolcharoen dari Chulalongkorn University menjelaskan topik yang menarik juga, yaitu tentang “Molecular Farming: How Plant Produced Biopharmaceuticals Can be Used in the Fight with Covid-19”. Yang terakhir, ​​Prof. Dr. apt. Siswandono, MS., memaparkan materi tentang “Potency of Pinostrobin as a SARS-COV2 Drug Candidate (In Silico Study)”. 

 

Sesi Tanya Jawab

 

Ditunjuk sebagai moderator, apt. Andang Miatmoko, Ph.D., mampu memimpin jalannya acara dengan baik mulai dari pengenalan narasumber hingga sesi akhir dari webinar ini. Setelah sesi tanya jawab selesai, tak lupa secara virtual sertifikat diberikan kepada keempat Narasumber oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Dengan diadakannya acara seperti ini, diharapkan mampu meningkatkan kolaborasi ilmiah antar Universitas, dalam rangka mencapai tujuan dari SDG 17 (Partnership for the Goals), dan juga meningkatkan usaha penanggulangan pandemi Covid-19 dari segi bidang ilmu kefarmasian.  

 

Pemberian sertifikat kepada Narasumber


Unduhan