Guest Lecture "Implementation of Sustainable Development on Herbal Medicines in Thailand"

Sudah menjadi sebuah rutinitas yang selalu dilakukan dari tahun ke tahun, di tahun 2020 ini, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga kembali mengadakan Kuliah Tamu (Guest Lecture) dengan mengundang pembicara dari Universitas yang ada di luar negeri. Kali ini, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga melakukan Kuliah Tamu (Guest Lecture) bertema “Implementation of Sustainable Development on Herbal Medicines in Thailand”. Kelas ini dilaksanakan pada 25 September 2020 dengan mengundang Assoc. Prof. Kornkanok Ingkaninan sebagai narasumber yang merupakan pengajar di Faculty of Pharmaceutical Sciences, Naresuan University, Thailand.

Dengan mengangkat topik pembahasan yang menarik, kelas ini berhasil menarik animo dosen dan mahasiswa, maka Kuliah Tamu kali ini tercatat dihadiri sebanyak 64 peserta. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 2 siang ini terbagi dalam beberapa sesi, yaitu pengenalan profil narasumber, penjelasan materi, dan tentunya sesi tanya jawab. Pada kesempatan kali ini, Suciati, S.Si.,M.Phil.,Ph.D., Apt. berperan sebagai Host yang mengarahkan jalannya acara dengan baik.

 

Salah satu hasil pembahasan dari diskusi dalam Kuliah Tamu kali ini adalah pengetahuan mengenai beberapa manfaat dari ekstrak Brahmi. Contohnya, mengonsumsi ekstrak Brahmi (sebanyak 300 dan 600 mg/hari) selama 2-3 bulan dapat meningkatkan kesehatan fisik, meningkatkan kesehatan psikologis, dan mengurangi gejala mirip depresi.

 

Sekitar pukul 4 sore, aktivitas Kuliah Tamu ini diakhiri setelah sudah tidak ada lagi pertanyaan dari peserta. Dengan adanya Kuliah Tamu yang merupakan bentuk kolaborasi ilmiah antara Fakultas Farmasi Universitas Airlangga dengan Faculty of Pharmaceutical Sciences Naresuan University, diharapkan dapat mencapai tujuan dari nilai-nilai yang ada pada SDG 17, yaitu tentang Partnership for the Goals.


Unduhan