PELATIHAN INTERVIEW DAN PUBLIC SPEAKING SEBAGAI PERSIAPAN SETELAH LULUS KULIAH MELALUI CAREER WORKSHOP 2020

Saat ini, banyak mahasiswa yang masih bingung terkait bagaimana dan apa saja yang perlu dipersiapkan setelah lulus nanti. Untuk melakukan suatu interview ataupun public speaking yang baik, dibutuhkan keterampilan dan latihan yang cukup sering. Bagi seorang mahasiswa farmasi, kedua keterampilan tersebut sangat jarang dimiliki oleh setiap individu. Oleh karena itu, Departemen Eksternal BEM FF UNAIR mengadakan kegiatan Career Workshop 2020 mengenai Interview and Public Speaking Training. Selain itu, kegiatan Career Workshop 2020 ini juga dilaksanakan untuk mewujudkan SDG 4 tentang Quality Education (Pendidikan yang berkualitas).

Kegiatan Career Workshop 2020 dilaksanakan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Adanya kondisi pandemi ini membuat kegiatan ini terpaksa diadakan secara online. Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa webinar dan workshop. Panitia mendatangkan 2 pemateri yaitu ibu Andriani Primanandana, S.E. dari Konsultan Meditea dan bapak Dr. Micha Catur Firmanto dari Head of Corporate University, Vocational School and Applied Psychology PT. Kalbe Farma. Career Workshop 2020 diadakan pada hari Sabtu tanggal 19 Desember 2020 melalui Zoom Meeting pukul 09.00. Acara dimeriahkan juga oleh moderator Sinta Renita dari Duta Farmasi UNAIR 2019.

Acara diawali dengan pembukaan MC lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, perwakilan BEM FF UNAIR yaitu Ilham Royyan, serta perwakilan dekanat yaitu Dr. Riesta Primaharinastiti, S.Si., M.Si., Apt. Setelah itu MC mengalihkan acara kepada moderator yang akan melanjutkan agenda berikutnya.

Pemateri pertama yaitu ibu Andriani Primanandana, S.E., yang membahas materi terkait public speaking beserta tips dan trik bagaimana berbicara didepan umum. Beliau memaparkan materi dengan semangat dan mahasiswa antusias mendengarkan serta aktif bertanya saat sesi tanya jawab. “Kunci utama untuk sukses dalam public speaking adalah percaya diri. Pendidikan tidak menjamin seseorang menjadi sukses, namun belajar dan berlatih terus menerus akan memudahkan jalan untuk sukses”, ungkapnya.

Acara dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu bapak Dr. Micha Catur Firmanto, yang membahas mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan dalam interview atau wawancara kerja. Sesi ini juga dilakukan workshop dengan konsep yaitu peserta bermain peran sebagai pelamar kerja dan pemateri, yakni bapak Micha, sebagai interviewer, kemudian pemateri akan memberikan penilaian terkait sikap peserta dalam mensimulasikan wawancara kerja. Kegiatan sangat menarik perhatian dari para peserta dan mereka mendapat suatu gambaran mengenai cara melakukan wawancara kerja yang baik. “Jangan lelah melangkah dan kejarlah mimpimu”, ujarnya.

 


Unduhan