Mendidik Lewat Komik, Ibu Khoirotin Nisak Ciptakan Si Acil

Mendidik Lewat Komik, Ibu Khoirotin Nisak Ciptakan Si Acil

Surabaya, 23 Februari 2021. 

Salah satu dosen Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Ibu apt. Khoirotin Nisak, S. Farm., M. Farm., membuat inovasi tentang edukasi obat untuk anak - anak melalui komiknya yang berjudul Petualangan Si Acil. Komik ini terinspirasi dari kegiatan pengabdian masyarakat sebagai program sosialisasi dan pengenalan farmasi yang berkelanjutan dan mudah diterima masyarakat.  

Sosok Acil atau Anak Kecil (Apoteker Cilik) digambarkan sebagai anak yang aktif, ceria, dan senang berbagi informasi kepada masyarakat mengenai penggunaan obat yang benar dibantu oleh Kakak Apoteker, sahabatnya. Petualangan Si Acil telah dirilis sejak bulan Maret tahun 2020. Untuk saat ini, masyarakat dapat mengakses komik berjumlah 15 halaman ini melalui Google Playbook.

Target utama dari komik ini adalah anak-anak pada tingkat SD. Anak-anak sebagai harapan bangsa membutuhkan arahan dan edukasi untuk menentukan masa depannya kelak sehingga dengan adanya komik ini, diharapkan mereka dapat belajar mengenai dunia kesehatan sejak dini. 

Di awal perilisan, Ibu Nisak dan mahasiswa FF UNAIR juga menciptakan boneka tangan sebagai sarana bercerita yang menarik. Boneka tersebut dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk memberikan edukasi farmasi melalui cerita anak.

"Untuk kedepannya, saya harap film animasi Petualangan Si Acil dapat dirilis dan mahasiswa bisa memanfaatkan boneka tangan yang telah dibuat untuk edukasi dalam lingkup yang lebih luas," pungkasnya.

 

[Kontributor: Tim Farma Pos Annisa Riski Azzahrani (2019) dan Usva’atul Vernanda (2020)]


Unduhan