Tim Pengmas Departemen Kimia Farmasi terjun ke Sekolah Dasar

 

 

Tim Pengmas Departemen Kimia Farmasi terjun ke Sekolah Dasar

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Departemen Kimia Farmasi Fakultas Farmasi Unair, yang terdiri atas tujuh dosen dan tiga mahasiswa telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertajuk “Pelatihan Pengenalan Bahan Tambahan Pangan yang Baik” di Sekolah Dasar Katolik “Santa Clara” Surabaya. Kegiatan ini memiliki dua sasaran, yaitu guru dan siswa. Mengingat latar belakang pengetahuan siswa dan guru cukup jauh berbeda, maka kegiatan juga dilaksanakan dalam dua forum yang berbeda.

Kegiatan pertama, yaitu pelatihan untuk siswa, dilaksanakan pada hari kamis tanggal 22 Oktober 2020 dengan Dr. Marcellino Rudyanto sebagai narasumber. Meskipun acara dibawakan dengan cara daring, peserta yang merupakan siswa-siswi kelas 4-6 begitu antusias mengikuti sesi penjelasan maupun sesi tanya jawab, bahkan hingg sesi tanya jawab terpaksa harus diakhiri karena waktu telah lewat. Drg. Dewi Anggraini sebagai pembina kegiatan ekstrakurikuler UKS menyatakan bahwa kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam mengenali bahan tambahan pangan, ketrampilan yang akan berguna dalam kehidupan mereka, sesuai moto sekolah “educar para la vida” (pendidikan untuk kehidupan).

Kegiatan kedua, yaitu pelatihan untuk guru, dilaksanakan pada hari Senin tanggal 26 Oktober 2020 dengan narasumber Prof. Dr. apt. Djoko Agus Purwanto dan moderator Dr. apt. Hadi Poerwono. Meskipun baru pertama kali bertatap muka, acara dapat berlangsung dengan akrab, santai tetapi serius, berkat joke-joke yang segar dari moderator dan penyampaian materi oleh narasumber yang menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang awam. Di akhir sesi tanya-jawab, diberikan beberapa penghargaan kepada penanya terbaik. Suster Bernadetta Wiwik Tiyani MC sebagai kepala sekolah menyatakan terima kasih kepada tim pengmas Unair yang telah berbagi ilmu kepada bapak dan ibu guru mengenai bahan tambahan pangan, ilmu yang akan berguna dalam mendidik siswa maupun dalam kehidupan mereka sehari-hari.

 


Unduhan