Stop Kecacingan! Wujudkan Masyarakat Indonesia Sehat

Pada hari senin tanggal 25 November 2019 pukul 1 siang sampai dengan 4 sore bertempat di Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga Kampus B, kelompok C1 melakukan promosi kesehatan bertema kecacingan dengan menggunakan media X-banner. Materi yang disajikan terdiri dari faktor risiko dan gejala kecacingan serta pencegahan penyakit dan pemberian obat pencegahan massal (POPM). Tujuan dilakukan promosi kesehatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penyakit kecacingan.

Pada saat melakukan promosi kesehatan jumlah pasien yang mengunjungi pusat layanan kesehatan sebanyak 24 pengunjung. Pengunjung didominasi oleh wanita. Jalannya promosi kesehatan diawali dengan memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud serta tujuan melakukan promosi kesehatan. Pemaparan materi promosi kesehatan dilakukan selama kurang lebih 15 menit untuk satu siklus pemaparan. Selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan pengunjung, pertanyaan yang menarik dilontarkan oleh seorang pengunjung “Saya merasa pusing ketika mendadak bangun setelah berbaring, apakah saya terkena kecacingan?”. Pertanyaan tersebut dipicu oleh penjelasan kami mengenai salah satu gejala kecacingan yaitu anemia. Pengunjung tersebut berasumsi bahwa dirinya terkena anemia dan ditakutkan hal itu merupakan gejala kecacingan. Padahal pengunjung tersebut tidak merasakan gejala lainnya seperti yang dijelaskan. Kami menyarankan pada pengunjung tersebut untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaaan tekanan darah dan melakukan konsultasi kepada dokter, dimungkinkan pengunjung tersebut terkena hipotensi postural.

Setelah dilaksanakan promosi kesehatan, dari 24 kuesioner yang dibagikan kepada pengunjung terdapat antusiasme yang tinggi pada materi yang disampaikan. Pada saat penyampaian materi promosi kesehatan, pengunjung terlihat antusias mendengarkan, hal itu serupa dengan jawaban pada kuesioner yang mempelihatkan banyak pengunjung yang setuju diadakan promosi kesehatan, serta didapatkan saran untuk melakukan promosi kesehatan secara rutin di Pusat Layanan Kesehatan dengan tema yang bervariasi.


Unduhan