PHARMADAY: CEKATAN

Hari Selasa (26/11) – Kelompok B-1 Farmasi Masyarakat yang diketuai oleh Mones, panggilan akrab dari Noor Annisa Mones, mahasiswa semester 7 Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, melakukan promosi kesehatan di depan Pusat Layanan Kesehatan (PLK) Universitas Airlangga sekitar pukul 13.00 – 16.00 WIB. Promosi kesehatan yang dilakukan oleh kelompok tersebut mengenai Pre Travel Health Preparation,atau persiapan kesehatan yang harus dilakukan sebelum bepergian. “Sebagai akhir dari Praktikum Farmasi Masyarakat, kami melakukan promosi kesehatan terkait hal ini ( Pre Travel Health Preparation), sebelumnya kami juga mengambil data terkait persiapan masyarakat sebelum bepergian, ternyata responden kami mendapatkan informasi kesehatan sebagian besar bukan dari apoteker dan juga penyimpanan obat masyarakat selamam bepergian juga masih perlu diluruskan.” kata Mones.

Semangat kelompok B-1 tidak surut sedikit pun meskipun teriknya matahari saat itu cukup menyengat, keinginan mereka untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar cukup besar, ditambah lagi informasi tersebut cukup penting bagi masyarakat dan cukup mudah dilakukan dengan adanya taglinekhusus dari kelompok tersebut. “Jadi supaya masyarakat mudah mendapatkan informasinya, kami buat tagline,sekaligus mudah diingat juga, tagline-nya yaitu CEKATAN, yang merupakan singkatan dari empat langkah persiapan, yaitu pertama cari informasi tempat tujuan, kedua cek kesehatan, ketiga bawa obat-obatan, keempat penyimpanan obat disesuaikan, selain itu juga ada lagu sama senamnya, jadi membuat lebih menarik.” kata Naufal, salah satu anggota dari kelompok B-1. Tidak hanya informasi, namun kelompok B-1 juga berhasil membuat kegiatan promosi kesehatan lebih menarik dengan adanya permainan dan hadiah bagi masyarakat yang mengunjungi stan mereka.

Tanggapan masyarakat pun cukup beragam, dari yang memilih untuk menghindar atau menerima informasi dan memperhatikan dengan baik. Berdasarkan data presensi, didapatkan lebih dari 40 orang yang telah diberikan informasi terkait persiapan kesehatan sebelum bepergian dan respons masyarakat sangat baik yang dibuktikan dengan kuisioner yang telah diberikan setelah memeberikan informasi. “Cukup bagus sih, akhirnya kami sebagai masyarakat awam tahu apa aja yang harus dipersiapkan, khususnya masalah kesehatan, selama ini jarang soalnya mengurusi hal tersebut, jadi seperti bersikap masa bodoh aja, tapi sekarang setelah mendapatkan informasi ini akhirnya bisa lebih tahu dan berusaha untuk dilakukan.” kata Pak Alex salah satu pengunjung stan.

 


Unduhan