Analgesik pada Ibu Hamil

Rabu, 27 November 2019 telah dilaksanakan Promosi Kesehatan bertajuk “Analgesik pada Ibu Hamil” yang merupakan bagian dari mata kuliah Praktikum Farmasi Masyarakat di Pusat Layanan Kesehatan (PLK) Kampus B Universitas Airlangga. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dikenal dengan sebutan “ Pharmaday” yang merupakan suatu bentuk edukasi kepada masyarakat di lingkungan kampus.

Pharmadaykelompok A3 dilaksanakan mulai pagi hingga siang hari. Materi yang disampaikan menggunakan media video dan mading, yang berisikan mulai dari epidemiologi dan pengenalan keluhan apa saja yang biasa dialami ibu hamil, cara mengatasi nyeri selain menggunakan obat, penggolongan obat, kategori obat yang aman digunakan untuk ibu hamil beserta macam-macam obatnya, dagusibu (dapatkan, gunakan, simpan, buang) obat dan swamedikasi untuk mengatasi nyeri pada ibu hamil. Sasaran dari pharmaday ini, tidak terbatas hanya untuk ibu hamil, namun juga untuk calon ibu dan ayah nantinya. Terlebih lagi materi kami terdapat penggolongan obat dan dagusibu obat secara umum yang juga menjadi informasi penting untuk masyarakat luas.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pasien yang sudah selesai melakukan pemeriksaan, kami persilahkan untuk datang ke standdan mengisi daftar hadir. Lalu, kami memberikan informasi promosi kesehatan sesuai topik. Setelah itu, pasien bisa bertanya apabila kurang paham terkait materi yang diberikan. Di akhir sesi, kami memberikan kuesioner terkait kepuasan terhadap promosi kesehatan dan memberikan bingkisan bagi pasien yang telah bersedia meluangkan waktu menyimak promosi kesehatan kami.

Pharmadaytelah berjalan dengan baik. Pasien antusias menyimak promosi kesehatan kami. Walaupun ada beberapa pasien yang tidak bersedia meluangkan waktu, karena terburu-buru untuk meninggalkan tempat. Dari promosi kesehatan ini, diharapkan kedepannya dapat bermanfaat bagi masyarakat.


Unduhan