Disaster Management

Dalam rangka Pharma-Day 2019mahasiswa Fakultas Farmasi semester tujuh kelompok A-1 yang beranggotakan 11 orang melaksanakan promosi kesehatan di Pusat Layanan Kesehatan (PLK) Kampus B Universitas Airlangga (Rabu, 26 November 2019 pukul 09.00-11.00 WIB) dengan tema “ Disaster Management”yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan mengenai penanggulangan bencana (sebelum, saat dan setelah) dalam aspek kefarmasian kepada masyarakat.

Promosi kesehatan dilakukan dengan menggunakan media board gamedalam bentuk permainan ular tangga. Permainan ini terdiri dari 16 poin yang di dalamnya berisi pertanyaan tentang penanggulangan bencana. Sasaran promosi kesehatan ini adalah pengunjung PLK yang bersedia untuk mengikuti permainan dan menjawab pertanyaan. Untuk menarik perhatian pengunjung, kami menyiapkan rewarduntuk pengunjung yang menjawab paling sedikit tiga pertanyaan dengan benar dan mencapai garis finishterlebih dahulu berupa satu botol antiseptic geldan satu strip Vitacimin untuk pengunjung yang bersedia bermain. Setelah bermain, pengunjung diberikan kuisioner untuk melihat tingkat kepuasan, kritik dan saran.

Beberapa pengunjung memberikan tanggapan positif terkait dengan promosi kesehatan yang dilakukan “ Games-nya sangat menarik, mungkin bisa dikembangkan secara digital .Dibuat aplikasi agar informasi bisa lebih detail dan mudah diakses oleh masayarakat luas.” Ada juga yang menyarankan untuk dilakukan promosi kesehatan setiap bulan agar masyarakat tahu pentingnya menjaga kesehatan sejak dini. Namun, beberapa orang memberikan saran tentang tempat pelaksanaan agar dapat dilakukan di tempat yang lebih luas dan kondusif.

Dalam pelaksanaan, tidak semua pengunjung bersedia untuk bermain dengan beberapa alasan. Salah satunya karena keadaan pasien yang tidak memungkinkan dan menolak untuk mengikuti permainan, sehingga untuk promosi kesehatan selanjutnya khususnya dengan media board gamedapat dipertimbangkan untuk dilakukan di tempat lain dengan target masyarakat yang lebih memungkinkan untuk bermain.


Unduhan