Pengabdian Masyarakat Tim Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Di Dusun Sumbersari Sumberejo Batu Malang dan Desa Purwodadi Ke

Yogurt merupakan salah satu minuman yang banyak digemari baik kalangan dewasa ataupun anak-anak. Selain dari rasanya yang enak dan segar, yogurt juga sangat menyehatkan. Dessert ini biasanya disajikan dengan berbagai varian tambahan rasa buah yang berbeda-beda. Mulai dari rasa strawberry, pisang, anggur, melon, buah naga atau manga. Yogurt merupakan susu yang difermentasi oleh bakteri asam laktat atau konsorsiumnya sehingga menghasilkan produk dengan cita rasa asam yang dominan. Rasa asam dari yogurt tersebut ditimbulkan oleh asam laktat hasil fermentasi gula laktosa yang banyak terdapat pada susu.

Selain rasanya yang unik tersebut, yogurt ternyata juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah perannya sebagai probiotik dan prebiotik sehingga saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Berkaitan dengan teknologi fermentasi susu probiotik itulah, baru baru ini, pada tanggal 3-4 dan 31 Agustus 2019 Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, yang terdiri dari Prof. Yuwono, Prof. Sudjarwo, Dr. Isnaeni, Dr. Asri Darmawati, Dr. Nuzul Wahyuningdiyah, Dr. Hadi Poerwono, Febri Annuryanti MSc., Achmad Toto Poernomo dan di bantu 8 mahasiswa telah melakukan Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Teknologi Fermentasi Susu Probiotik di Dusun Sembersari Desa Sumber Rejo, Batu, Malang dan Desa Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Kondisi sebelum dan sesudah pelatihan dinyatakan dengan hasil post test pada peserta masyarakat kedua Desa tersebut. Desa Sumber Rejo diikuti sebanyak 45 peserta yang terdiri dari para pekerja perkebunan dan ibu PKK yang mewakili 6 Rukun Tetangga sedangkan Di Desa Purwodadi diiukuti oleh 55 peserta yang terdiri dari Ibu-ibu PKK dan karang taruna putri serta anggota BUMDES. Acara berlangsung dibuka oleh Ibu Kepala Dusun Sumbersari. Sedangkan di Purwodadi acara dibuka oleh Kepala Desa Purwodadi.

Hasil pelatihan menunjukkan bahwa seluruh peserta mengalami kenaikan pengetahuan yang signifikan, ditunjukkan dengan hasil post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil pre-test. Hasil lain diketahui bahwa susu fermentasi probiotik ini dapat dijadikan sebagai media untuk sumber peningkatan ekonomi keluarga. Hal tersebut terbukti saat yogurt yang dibuat oleh masyarakat Purwodadi telah dijual di kalangan sendiri sebagai minuman tambahan pada saat rapat atau pertemuan warga.  Selain dari pada itu pelatihan ini akan menciptakan  iklim  yang  memungkinkan  potensi  Karang  Taruna dan PKK desa lebih berkembang. Yaitu membangun daya kreasi kelompok dengan mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki desa serta upaya untuk  mengembangkannya. 

Rencana pada tahun 2020, Desa Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan akan dijadikan sebagai desa Mitra dengan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga dalam rangka Program Pengembangan Desa Mitra.

 

 

sumber : Achmad Toto Poernomo


Agenda
Unduhan