UNAIR Menjadi Tuan Rumah NUDC dan KDMI 2019

UNAIR NEWS– National University Debating Competition (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2019 secara resmi dibuka di Airlangga Convention Center (ACC) pada Senin (15/7). Kompetisi debat tahunan tersebut, secara simbolis dibuka oleh Dr. Didin Wahidin, M. Pd., selaku Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Turut Hadir dalam upacara pembukaan itu Kasubag Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dr. Syahril Chaniago, M.Pd.; Kasubdit Penalaran dan Kreaivitas Dr. Misbah Fikrianto, MM., M.Si.; Kasi bidang Penalaran Joki Nugroho, SP; Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., M.T., Ak., CMA. Juga dihadiri sejumlah jajaranan pimpinan UNAIR dan seluruh peserta NUDC serta KDMI 2019.

Dalam kesempatan itu, Dr. Didin berpesan semua peserta yang hadir menjadikan bahan renungan bahwa NUDC maupun KDMI tidak sekadar media debat untuk berdebat. " Melalui kompetisi debat ini, kami berharap bahwa kemampuan berpikir kritis yang selayaknya dimiliki para mahasiswa dan seluruh warga bangsa ini tumbuh sehingga nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ungkapnya.

Sementara itu, dalam pidatonya, Prof. Nasih memberikan semangat kepada seluruh peserta NUDC dan KDMI untuk dapat mengambil pelajaran yang berharga dari kompetisi debat tersebut. Prof Nasih juga mengucapkan terima kasih karena UNAIR ditunjuk sebagai tempat penyelengaraan NUDC dan KDMI 2019.

" Debat yang diselenggarakan kali ini adalah debat yang positif dan penuh hikmah dan akan memberikan pembelajaran bagi bangsa ini. Bagi seluruh rakyat Indonesia ini," ungkapnya.

" Melalui debat kali ini mahasiswa Indonesia membuktikan bahwa ada sisi positif dalam sebuah debat," imbuhnya.

Pelaksanaan NUDC dan KDMI ini mengambil tempat di gedung Nanizar Zaman Joenoes - Fakultas Farmasi Universitas Airlangga mulai tanggal 14–19 juli 2019. 

Kompetisi debat berbahasa Inggris (NUDC) dan kompetisi debat berbahasa Indonesia (KDMI) akan berlangsung di Universitas Airlangga. Kompetisi tersebut diikuti oleh 119 tim yang berasal dari 14 wilayah perguruan tinggi seluruh Indonesia. Perinciannya, 336 peserta NUDC dari 112 universitas dan sebanyak 112 peserta KDMI dari 28 universitas.

NUDC sendiri merupakan kompetisi debat tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kompetisi tersebut berjenjang, dimulai dari tingkat universitas berlanjut ke tingkat kopertis, nasional, hingga internasional. Tahun ini, merupakan tahun kedua diselenggarakannya KDMI.


Penulis: Erika Eight Novanty

Editor: Feri Fenoria Rifa’i


Unduhan