ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016

ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016
University of Technology Sumbawa (UTS), NTB, Indonesia

Pembukaan ASEAN University Youth Summit 2016ASEAN University Youth Summit(AUYS) merupakan program perkumpulan mahasiswa ASEAN dalam menyambut ASEAN Economic Community(AEC). Dengan membawa semangat integrasi ASEAN, Universitas Teknologi Sumbawa sebagai tuan rumah mempersiapkan AUYS 2016 dengan tema "Social Entrepreneurship as a main character of future ASEAN generation". Tema ini dipilih dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat ditengah perkembangan ASEAN Economic Community(AEC). AUYS 2016 diselenggarakan di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 24 – 28 Januari 2016.

Pada hari kedatangan, yaitu tanggal 24 Januari 2016, delegasi mengikuti pesta penyambutan yang diawali dengan sambutan oleh ketua acara ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016 yaitu Muhammad Nurjihadi, M.Sc yang merupakan dosen Makro dan Mikro Ekonomi Universitas Teknologi Sumbawa dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Sultan Sumbawa yang Mulia Sultan Muhammad Kaharuddin IV. Acara selanjutnya yakni pertunjukkan tarian Sumbawa, pengenalan "Istana Dalam Loka", dan pengenalan makanan khas Sumbawa ( Dinner).

Hari kedua acara, yaitu tanggal 25 Januari 2016, delegasi mengikuti upacara pembukaan di Aula Bupati yang dihadiri beberapa tamu sekaligus penyampaian sambutan oleh DR. Arief Budi Witarto, M.Eng (Rektor UTS), Sultan Muhammad Kaharuddin IV (Sultan Sumbawa), dan DR. TGB. KH. M. Zainul Majdi, MA (Gubernur Provinsi NTB). Delegasi juga mengikuti beberapa workshop. Workshop pertama berjudul, "Developing Industries with Social Enterpreneurship Motivation"yang dijelaskan oleh Kepala Dekan UTS. Dalam kesempatan ini, pembicara menyampaikan poin penting terkait Socioenterpreneurdan socioentrepeneurbisa dimulai dari hal-hal kecil disekitar. Workshop selanjutnya membahas mengenai, "Social Enterpreneurship as an Unifier of ASEAN Community."Pemateri mengungkapkan bahwa pemuda sebagai agen penting dalam menghadapi MEA. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pemuda yakni dengan bertindak sebagai jiwa pengusaha.

Workshop kemudian dilanjutkan dengan inti acara, yaitu Youth Conferenceyang telah dibagi menjadi 4 babak. Tiap universitas mengirimkan 1 perwakilan sebagai representative dalam Round Table Discussiondan anggota yang lain sebagai Participant. Participant disini juga boleh berpendapat dengan mengangkat tangan setelah dipersilahkan oleh Moderator. Round Table terbagi menjadi 4 kali.  Untuk Round Table 1, tema yang diangkat dalam conference ini yaitu "Economics conditions in my hometown", tema pada Round Table 2 yaitu "The challenges to be solved in AEC" ,tema pada Round Table 3 yakni "Social Entrepreneurship Opportunity to Solved Economic Problem in ASEAN Community"dan tema pada Round Table 4 yakni "Youth's Rules and Ideas to Advance ASEAN through Social Entrepreneurship."

Rural Engagement Program di Desa Penyaring, SumbawaHari terakhir, yaitu pada tanggal 26 Januari 2016, acara diisi dengan rural engagement programdi desa Penyaring Sumbawa. Kegiatan ini ditujukan agar peserta dapat membaur dengan masyarakat, mulai dari memberi edukasi kepada siswa-siswi beberapa sekolah dasar di desa tersebut sampai dengan kunjungan ke home industrypermen susu kerbau. Di desa Penyaring delegasi juga disambut masyarakat dengan pertunjukan penunggangan kuda. Pada hari terakhir ini juga diisi oleh sesi sharingdari Universitas Teknologi Sumbawa. Pembicara yang hadir adalah Rektor dari UTS dan beberapa perwakilan dari pihak yang bekerja sama dengan UTS.

Rangkaian acara AUYS 2016 ditutup oleh Gala Dinner, yang juga diisi penjelasan singkat mengenai " Financial Inclusion in Aula Bupati Promoting Social Entrepreneurship during AEC"serta penampilan budaya khas dari perwakilan beberapa negara ASEAN yang berpartisipasi dalam AUYS 2016.

 

Klik pada gambar untuk memperbesar

Sambutan dari Sultan Muhammad Kaharuddin IV selaku Sultan Sumbawa, Indonesia kepada delegasi AUYS 2016 di Dalam Loka Palace Suasana saat round table discussion Pembukaan ASEAN University Youth Summit 2016 Delegasi dari Universitas Airlangga, yaitu Indi Mumtaza dan Aulia Rizkhan (Fakultas Farmasi) serta Reno Albra (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) bersama dengan delegasi dari Universitas Gadjah Mada Rural Engagement Program di Desa Penyaring, Sumbawa Delegasi dari FF UNAIR bersama dengan delegasi dari UGM dan ITB saat menyaksikan pertunjukan penunggangan kuda di Desa Penyaring Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) pada UTS Sharing Session Gala dinner ASEAN Cultural Show sebagai salah satu rangkaian penutupan AUYS 2016

Agenda
Unduhan