info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Siap Skripsi KBK Farmasi Komunitas 2024

Siap Skripsi KBK Farmasi Komunitas 2024

Minggu, 3 Maret 2024 telah dilaksanakan acara Siap Skripsi yang ditujukan untuk angkatan 2021, 2022, dan 2023. Ada tiga pemateri pada kegiatan kali ini, yaitu Ibu apt. Elida Zairina S.Si., MPH., Ph.D. serta dua mahasiswa Fakultas Farmasi Unair, Sonia Futti Ameldy dan Mohammad Badrunada. Pada tahap awal penyusunan skripsi harus ada pengajuan proposal, adapun syarat untuk mengajukan proposal, yaitu tidak ada nilai E di semester 1-4, lulus minimal 100 SKS dengan IPK minimal 2.00, tidak mempunyai tanggungan skripsi di tempat lain, telah memprogram matkul Metode Penelitian Kuantitatif Kefarmasian pada semester 6 atau 7, dan tentunya telah mendaftar di Departemen Farmasi Praktis.

Mata kuliah Metode Penelitian Kuantitatif Kefarmasian merupakan jenis metode penelitian kuantitatif, selain itu, khususnya pada semester gasal KBK Farmasi Komunitas membuka dengan metode kualitatif. "Apabila telah mengambil matkul Metode Penelitian pada semester 6 maka sekaligus harus mendaftar proposal. Namun, jika belum maka mengambil matkul Metode Penelitian pada semester 7," ujar Bu Elida.

INACORE merupakan suatu research group dari KBK Farmasi Komunitas, sampai saat ini,  basis research Farmasi Praktis masih dipegang oleh Fakultas Farmasi Unair. Kemudian terdapat tiga topik utama dari INACORE, yaitu pharmacoepidemiology and public health, pharmaceutical management, dan health care system and policy. Ketiga topik tersebut saling berhubungan sehingga topik pada mahasiswa S1, S2, dan S3 saling berkaitan agar saling support dan penelitiannya tidak berdiri sendiri. 

Topik pada skripsi yang ada di KBK ini ada lima topik, topik pertama adalah tablet tambah darah dan vaksin HPV yang dibimbing langsung oleh Ibu apt. Hanni Prihastuti Puspitasari, S.Si., M.Phil., Ph.D. dan Ibu apt. Mareta Rindang Andarsari, S.Farm., M.Farm.Klin.. Kemudian topik kedua adalah stunting dan distribusi serta ketersediaan tablet tambah darah yang dibimbing oleh tiga dosen, yaitu Ibu Dr. apt. Yunita Nita, S.Si., M.Pharm., Ibu apt. Yuni Priyandani, S.Si., Sp.FRS., dan Ibu apt. Gusti Noorrizka V.A, S.Si.,M.Sc.. Topik ketiga adalah kepatuhan pasien diabetes melitus dan tiroid yang dibimbing oleh empat dosen, yaitu Ibu Dr. apt. Yunita Nita, S.Si., M.Pharm., Bapak apt. I Nyoman Wijaya, S.Si., Sp.FRS., Ibu apt. Ana Yuda, S.Si., M.Farm., dan Ibu apt. Yuni Priyandani, S.Si., Sp.FRS. Topik keempat adalah telefarmasi dan sosial media yang dibimbing oleh lima dosen, yaitu Bapak apt. Andi Hermansyah, S.Farm., M.Sc., Ph.D., Ibu Prof. Dr. Wiwied Ekasari, M. Si., Ibu Dr. apt. Wahyu Utami, MS., Ibu apt. Anila Impian Sukorini, S.Si., M.Farm., dan Bapak Dr. apt. Abdul Rahem, M.Kes. Topik kelima adalah public health & medication safety dengan jumlah mahasiswa terbanyak yang dibimbing oleh Ibu apt. Arie Sulistyarini, S.Si., M.Pharm., Ibu apt. Elida Zairina S.Si., MPH., Ph.D., Ibu apt. Ana Yuda, S.Si. M.Farm., Ibu Prof. Dr. apt. Umi Athiyah, M.S., dan Ibu apt. Gesnita Nugraheni, S.Farm., M.Sc.

Sonia Futti Ameldy merupakan salah satu mahasiswa yang mengambil skripsi pada KBK ini, dia menjelaskan bahwa ia mengambil skripsi dengan topik public healthProject current public health yang sedang dikerjakan pada tahun 2023-2024 meliputi medication safety, mediaction disposal, health literacy, public health pharmacy corner, dan patients satisfaction.

Kemudian Mohammad Badrunada juga salah satu mahasiswa yang mengambil skripsi pada KBK Farmasi Komunitas memberikan penjelasan yang saling melengkapi terkait research method yang digunakan untuk memperoleh data, diantaranya, kuesioner, observasional, respon (pasien, masyarakat, dan apoteker), dan bisa secara kuantitatif melalui pengolahan data dengan SPSS. Selanjutnya, dijelaskan terkait linimasa mulai dari judul dan studi literatur, penyusunan proposal, kajian etik, uji validasi instrumen, pengambilan data, pengolahan dan interpretasi data.

 

Reporter : Widya Tama M. (2022)
Editor : Amanda A. (2023) & Tim Humas FF UNAIR

Baca juga:
Siap Skripsi KBK Kimia Farmasi - Departemen Ilmu Kefarmasian 2024
Siap Skripsi KBK Farmakognosi dan Fitokimia 2024
Siap Skripsi KBK Farmasi Klinik 2024