Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 

Sebagai salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan sejahtera, bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja, Unit Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Universitas Airlangga bekerjasama dengan Fakultas Farmasi menggelar “Pelatihan Pengenalan dan Pengendalian Bahaya di Laboratorium Serta Pencegahan Terhadap Bahaya Kebakaran di Lingkungan Universitas Airlangga” (21/4/2014).

 

Kegiatan ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi para penanggung jawab laboratorium, analis dan laboran,  staf Fakultas Farmasi dan Unit Layanan Pengujian (ULP) guna memprediksi kemungkinan potensi bahaya yang timbul di tempat kerja. Para peserta diharapkan dapat mengantisipasi timbulnya bahaya, mengetahui adanya bahaya yang mungkin terjadi, dapat menilai atau menganalisis bahaya serta mampu mengendalikan bahaya.

 

Pelatihan ini mendatangkan dua nara sumber yang expertdi bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Mulyono, S.Km., M.Kesdosen Fakultas Kesehatan Masyarakat yang memaparkan materi mengenai pengenalan dan pengendalian bahaya di laboratorium. Pelatihan kali ini juga mendatangkan tim dari Dinas Kebakaran Pemkot Surabaya. Adalah Muchamad Nurtam, S.Sos., M.Si, kepala UPTD Surabaya yang menyampaikan materi proteksi terjadinya kecelakaan.

 

Tidak hanya pengetahuan, peserta juga diajarkan cara memadamkan api oleh Suwignyo Aryantobeserta tim dari Dinas Kebakaran Surabaya. Antusiasme peserta meningkat saat diajarkan prosedur pemadaman api menggunakan berbagai alat pemadam. Para peserta silih berganti mempraktekkan memadamkan api menggunakan alat yang telah dicontohkan.

Agenda
Unduhan