Webinar Series FF dalam Mendukung Pencapaian SDGs

           

Dalam rangka mendukung pencapaian SDGs, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FFUA) selalu meningkatkan kolaborasinya dengan berbagai pihak. Kali ini, FFUA menyelenggarakan kegiatan kolaboratif dengan topik “Penguatan Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Mendukung Pencapaian SDGs”. Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 10 April 2021 ini mengundang lima pembiacara yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Acara yang dimulai pukul 9.30 WIB ini dibuka oleh apt. Elida Zairina, MPH., Ph.D. sebagai MC acara yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga. Setelah itu, Dekan FFUA, Prof. apt. Junaidi Khotib, M.Kes., Ph.D. membuka acara dengan memberikan sambutannya.

Beberapa topik diskusi untuk mencapai goals SDGs yang dibahas dalam acara ini disampaikan oleh lima narasumber yang masing-masing berasal dari latar belakang berbeda. Narasumber pertama adalah Evhy Apriyani, S.Farm., M.Sc., Ph.D. dari School of Medicine, Harvard University Boston, Amerika Serikat. Selanjutnya, narasumber kedua, yaitu Drs. Apt. Suhaidiar Sulaiman, founder dan CEO PT. Pillars Comsetiklon Indonesia, menjelaskan topik berjudul “Anti Aging dan kesejahteraan lansia”. Ada juga topik disuksi tentang “Penjaminan Mutu di Industri Farmasi” yang dipresentasikan oleh apt. Graha Wira Krida yang merupakan Quality Assurance Manager PT Pharma Laboratories sebagai narasumber ketiga. Narasumber keempat, Apt. Heinrich Dominggus Dengi, S.Si., yang merupakan Direktur Max FM Waingapu NTT, memanfaatkan Radio Waingapu Max 96,9 FM sebagai media transaksi informasi dan kesejahteraan masyarakat. Narasumber yang terakhir, yaitu oleh apt. Deby Fapyane, S.Farm., M.Sc., Ph.D., menceritakan pengalamannya menjadi entrepreneur di bidang farmasi, yaitu sebagai pendiri Cellugy di Aarhus, Denmark.

           

Setelah masing-masing narasumber selesai memaparkan presentasinya, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta. Di penghujung acara, sertifikat penghargaan diberikan kepada lima narasumber sebagai apresiasi atas ilmu dan pengetahuan yang telah dibagikan dalam webinar ini. Acara diskusi SDGs seperti ini diharapakan dapat meningkatkan kerjasama antara FFUA dengan berbagai lembaga untuk mendukung pencapaian SDGs, salah satunya dalam kerjasama penguatan riset di bidang kefarmasian, yang nantinya kebermanfaatan ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat luas.


Unduhan