info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Dedikasi FF UNAIR dalam Dunia Kesehatan: Gelar Pelatihan Pencampuran Obat Steril di Makassar

Pada Sabtu, 19 Oktober 2024, Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) mengadakan kegiatan bertajuk "Pelatihan Dispensing Aseptik Sediaan Steril Bagi Apoteker di Layanan Kesehatan Kota Makassar Dan Sekitarnya". Kegiatan ini merupakan salah satu rangkain acara peringatan Dies Natalis ke-61 FF UNAIR.

Bertempat di Gedung Rektorat Lantai 3 Universitas Islam Makassar (UIM), kegiatan ini sukses dilaksanakan berkat kerjasama antara FF UNAIR Ikatan Apoteker Pengurus Cabang (IAI PC) Makassar dan tentunya UIM.

Kegiatan ini diikuti oleh Apoteker dari Makassar dan sekitarnya yang bekerja di berbagai bidang terutana di Rumah Sakit dan layanan kesehatan rawat inap. 

Ketua kegiatan pengmas ini yaitu Dr. apt. Dewi Isadiartuti, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan yang diberikan oleh beliau dan tim rutin dilakukan setiap tahun oleh di tingkat lokal, regional, maupun nasional. 

Rektor Universitas Islam Makassar Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag dalam sambutannya, menyatakan menyambut baik kegiatan yang bertujuan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan apoteker dalam menjalankan tugasnya dan mengharapkan kegiatan ini dapat berlanjut di masa mendatang. Demikian juga dengan Ketua IAI PC Makassar, apt Abd Rakhmat Muzakair dalam sambutan dan pembukaan acara.

Hadir sebagai narasumber kegiatan ini, Prof. Dr. apt. Retno Sari, M.Sc dengan materi tentang Formulasi dan Dispensing Sediaan Steril, Dr. apt. Dewi Isadiartuti, M.Si. dengan materi Stabilitas dan Kompatibilitas Sediaan Parenteral, Dr. apt. M. Agus Syamsur Rijal, M.Si., dengan materi Tehnik Aseptik Sediaan Steril, dan apt. Dinda Monika Nusantara Ratri, M. Farm.Klin dengan materi Permasalahan Dispensing Sediaan Steril di Rumah Sakit. Dalam pelatihan ini, peserta juga diberikan kesempatan mempraktekkan tehnik aseptik dalam mengelola sediaan steril.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan apoteker peserta pelatihan sehingga dapat terwujud profesionalisme apoteker dalam meningkatkan pelayanan kefarmasian di fasilitas kesehatan Kota Makassar. Hal ini tentunya selaras dengan tujuan SDGs 3 "Good Health and Wellbeing".