info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

FF UNAIR Gelar Pengmas di Lamongan untuk Turunkan Angka Stunting Hingga Pendampingan Inovasi Produk TOGA

FF UNAIR Gelar Pengmas di Lamongan untuk Turunkan Angka Stunting Hingga Pendampingan Inovasi Produk TOGA

Pada Senin, 7 Oktober 2024 Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) melaksanakan pengabdian masyakarat (pengmas) dengan skema Program Pengembangan Desa Binaan di Desa Kebalanpelang, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. 

Kegiatan pengmas yang diketuai oleh Dr. apt. Idha Kusumawati, M.Si. ini berjudul "Pendampingan Pemanfaatan TOGA Untuk Program Stunting Dalam Rangka Penguatan Program Asuhan Mandiri di Kabupaten Lamongan". Sesuai dengan judulnya, kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung program stunting Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

Seluruh rangkaian acara dilangsungkan di Balai Desa Kebalanpelang dengan dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari tim Yankestrad Dinkes Kabupaten Lamongan, tim Puskesmas Babat, serta warga Desa Kebalanpelang yang merupakan kader PKK, kader Asman TOGA, kader Posyandu, Karangtaruna, serta remaja putri siswa sekolah menengah.

Warga diberi edukasi terkait pencegahan stunting dengan menyiapkan makanan bergizi seimbang serta pemanfaatan TOGA untuk diolah menjadi produk pangan yang bergizi tinggi. Edukasi tersebut disampaikan langsung oleh Dr. apt. Idha Kusumawati, M.Si. dan Ibu Anisa Lailatul Fitria, S.Gz., M.Sc. yang merupakan ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR.

Selain itu ibu dan anak di Desa Kebalanpelang juga diedukasi terkait stunting dengan permainan ular tangga. Hal tersebut dirasa lebih menyenangkan dan mudah diingat. Permainan ular tangga tesebut juga segaja dihibahkan untuk warga Desa Kebalanpelang agar dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi pada berbagai kesempatan.

Games Ular Tangga untuk Edukasi Stunting

Tim pengmas FF UNAIR juga mendorong warga Desa Kebalanpelang untuk menciptakan inovasi produk olahan TOGA, khususnya kelor, bayam, dan kangkung. Kala itu beberapa produk hasil ciptaan warga dipamerkan. Produk tersebut dapat dikonsumsi sendiri maupun dipasarkan untuk dijual.

Hasil Produk dari Olahan TOGA yang Dibuat oleh Warga Desa Kebalanpelang

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk nyata kontribusi FF UNAIR dalam mendukung terwujudnya SDGs 3 "Good Health and Well-being".