info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Demi Wujudkan SDGs 3, FF UNAIR Langsungkan Pengmas Internasional di Brunei Darussalam

FF UNAIR Langsungkan Pengmas Internasional di Brunei Darussalam

Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) sebagai Fakultas Farmasi nomor satu di Indonesia dan masuk jajaran 300 terbaik dunia memiliki peranan penting untuk mendukung peningkatan kesehatan masyarakat dalam lingkup nasional maupun global. Salah satu wujud nyata dari dukungan tersebut yakni melalui program pengabdian masyarakat.

Penyelenggaraan pengmas untuk peningkatan kesehatan masyarakat tersebut juga dapat dimaknai sebagai kontribusi FF UNAIR untuk pencapaian SDGs khususnya pada poin 3 "Good Health and Well-being".

Berdasarkan latar belakang tersebut, FF UNAIR bekerjasama dengan Pengiran Anak Puteri Rashidah Sa’adatul Bolkiah (PAPRSB) Institute of Health Sciences, Universiti Brunei Darussalam mengadakan pengmas dalam pengembangan kesehatan komunitas.

Kegiatan ini telah berlangsung sukses pada tanggal 28 September 2024 kemarin. Sasaran dari kegiatan ini adalah warga Emas Tutong, Brunei Darussalam. Tercatat lebih dari 30 warga Emas Tutong hadir mengikuti kegaiatan ini hingga usai.

Pada kesempatan tersebut dilakukan program yang mengarah pada dukungan kesehatan. Yang pertama, dilakukan kunjungan ke rumah warga dan mengevaluasi penggunaan obat di rumah. Kedua, kampanye tentang peran dan tanggungjawab apoteker dilakukan di sekolah. Sementara program terakhir yang dilakukan adalah penyuluhan dan skrining kesehatan masyarakat di tempat layanan umum. 

Warga Emas Tutong mengaku sangat senang dengan kegiatan ini dan berharap akan dilakukan lagi kegiatan serupa. Hal ini lantaran mereka jadi bisa mendapatkan berbagai ilmu terkait penggunaan obat. Selain itu, mereka juga jadi lebih aware terhadap kondisi tubuh dan kesehatannya.