info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Dr. Bimo Ario Tejo Asal Universiti Putra Malaysia Bagikan Ilmu Terkait AI untuk Pengembangan Obat

Dr. Bimo Ario Tejo Asal Universiti Putra Malaysia Bagikan Ilmu Terkait AI untuk Pengembangan Obat

Nama Dr. Bimo Ario Tejo tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR). Pada berbagai kesempatan, beliau kerap membagikan ilmunya untuk para dosen dan mahasiswa FF UNAIR. 

Kali ini beliau kembali hadir pada agenda yang diselenggrakan oleh FF UNAIR, yaitu Guest Lecture atau Kuliah Tamu. Sesuai dengan judul kegiatannya, pada kali ini beliau akan memberikan kuliah kepada para mahasiswa FF UNAIR. Kegiatan kuliah tamu ini dilangsungkan di Aula Gedung Nani pada tanggal 30 September 2024 kemarin.

Sejumlah lebih dari 200 mahasiswa FF UNAIR berbondong-bondong memenuhi Aula Gedung Nani untuk mengikuti agenda ini. Topik menarik yang diangkat pada kuliah beliau hingga menyita perhatian para mahasiswa ini diberi judul "Utilizing AI for Drug Design and Development". 

Pada kuliahnya beliau menjelaskan bahwa saat ini Artificial Intelligence (AI) sudah tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak boleh takut bahwa pekerjaan kita akan digantikan oleh AI, justru harusnya kita bisa memanfaatkan AI untuk menunjang pekerjaan kita sehingga hasilnya maksimal. 

Beliau menjelaskan lebih lanjut, bahwa dengan AI kita sebagai seorang apoteker dan ilmuwan bisa memiliki banyak peluang untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyakarat. Hal ini juga berlaku untuk desain dan pengembangan obat. 

Dr. Bimo, juga membagikan bagaimana agar kita tidak khawatir terkait lapangan pekerjaan yang akan digantikan oleh AI, salah satunya adalah dengan menjadi lulusan yang kompeten dan unggul. Kita sebagai manusia harus menjadi "decision maker" yang tidak bisa digantikan oleh mesin dan teknologi apapun.