info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

BEM FF UNAIR Tingkatkan Pengetahuan tentang Pencegahan dan Pengobatan Hipertensi dengan Bahan Alam

Pharmacare FF UNAIR Adakan Pelatihan Jamu dalam Peringatan World Pharmacist Day

Pada Minggu (22/09/24) Pharmacare Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) menggelar pelatihan jamu untuk pencegahan dan pengobatan hipertensi di Balai RW 01 Kecamatan Bulak. Kegiatan ini dihadiri oleh para kader Kesehatan Masyarakat dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan hipertensi melalui pendekatan tradisional yang aman dan efektif.

Pelatihan ini dilakukan dalam rangka peringatan World Pharmacist Day yang diperingati setiap 25 September dan menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran apoteker dalam kesehatan. Pelatihan dimulai dengan pemaparan mengenai hipertensi, dampaknya terhadap kesehatan, serta pentingnya pencegahan melalui pola hidup sehat. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan informasi mengenai berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati hipertensi, serta cara pembuatannya yang sederhana dan praktis.

Selain itu, pelatihan ini mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4, yaitu menekankan pentingnya pendidikan berkualitas untuk dapat memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua di semua usia. Dengan meningkatkan kapasitas kader kesehatan, diharapkan dapat memperluas pengetahuan masyarakat tentang alternatif pengobatan yang berbasis herbal, sehingga mendorong pola hidup sehat dan mencegah risiko hipertensi.

Para peserta sangat antusias untuk belajar cara memanfaatkan bahan alami dalam menjaga kesehatan. Melalui kegiatan ini, Pharmacare berkomitmen untuk berkontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat dan menciptakan kesadaran akan pentingnya penggunaan obat tradisional yang aman. Diharapkan, pengetahuan yang diperoleh peserta dapat diteruskan kepada masyarakat luas, sehingga dapat membantu menurunkan angka kasus hipertensi di wilayah Kecamatan Bulak.