info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

BEM FF UNAIR Menanaman Tanaman Toga Bersama Warga dalam Rangka Mendukung SDGs 15

BEM FF UNAIR Menanaman Tanaman Toga Bersama Warga dalam Rangka Mendukung SDGs 15 

BEM Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR) tak pernah berhenti mencetuskan program-program yang berguna bagi masyarakat dan mendukung SDGs. Salah satu program yang dijalankan adalah Community Development (Comdev) 2024. Salah satu rangkaian kegiatan sekaligus penutup Comdev 2024 yaitu mengadakan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Kegiatan penanaman TOGA di lakukan pada tanggal 22 September 2024 di selenggarakan di Bulak Cumpat Barat 3 dan 4 Surabaya. Warga bulak cumpat barat terlihat antusias dalam menanam TOGA. Kegiatan di mulai pada jam 10 pagi di mulai dengan penyuluhan Kesehatan tentang Hipertensi. Kemudian di lanjutkan dengan menanam toga (atau tanaman obat) memiliki banyak manfaat yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) ke-15, yaitu "Kehidupan di Daratan". Melalui kegiatan penanaman TOGA ini, BEM FF UNAIR berperan aktif dalam pelestarian keanekaragaman hayati, membantu menjaga keanekaragaman spesies tanaman dan hewan, serta menciptakan habitat yang mendukung ekosistem lokal.

Dengan penanaman TOGA, maka akan tercipta perbaikan kualitas tanah. Seperti yang kita ketahui tanaman-tanaman tersebut dapat memperbaiki struktur tanah dan menambah nutrisi, sehingga mendukung pertanian berkelanjutan. Selain itu, akar tanaman yang kuat juga membantu mengikat tanah, mengurangi erosi dan menjaga stabilitas tanah. Selain itu penanaman TOGA ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan mengurangi ketergantungan pada obat kimia 

Tidak lupa, tim Comdev 2024 menghimbau warga untuk terus merawat tanaman TOGA tersebut yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan maupun ekosistem.