info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Berkunjung ke FF UNAIR, BPOM Ajak Mahasiswa Berkarir dan Mengabdi untuk Negeri

BPOM Ajak Mahasiswa FF UNAIR Berkarir dan Mengabdi untuk Negeri

Pada Kamis, 15 Agustus 2024, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berkunjung ke Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (FF UNAIR). Pada kunjungannya kali ini, turut hadir Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BPOM RI Ibu Lucia Rizka Andalusia. Salah satu alumni FF UNAIR yang memiliki segudang prestasi tersebut mengisi kuliah umum yang bertajuk “Berkarir di BPOM: Peluang dan Tantangan”.

Ibu Rizka, sapaan akrab beliau hadir bersama jajaran pimpinan eselon I BPOM, yaitu Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif; Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik; serta para kepala biro, direktur, dan kepala balai yang ada di lingkungan BPOM. 

Dekan FF UNAIR, Prof. apt. Junaidi Khotib, M.Kes., Ph.D. kala itu turut menyambut dengan hangat kehadiran Ibu Rizka dan tim. Beliau berharap agar para mahasiswa dapat mengikuti kuliah umum ini dengan baik dan mendapatkan manfaat sebesar-besarnya baik bagi mereka sendiri, universitas, maupun bangsa Indonesia.

Bu Rizka pada kesempatan tersebut memberitahukan bahwa pada tahun 2024 ini, BPOM akan kembali membuka 1.296 formasi untuk bergabung menjadi aparatur sipil negara (ASN), yang terdiri dari 781 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 515 calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK). Khusus untuk lulusan farmasi, BPOM membuka 28 formasi jabatan, antara lain sebagai widyaiswara dengan kualifikasi S2 farmasi, pengawas farmasi dan makanan dengan kualifikasi profesi apoteker, dan analis kebijakan dan penata kelola obat dan makanan dengan kualifikasi S1 farmasi.

Setelah materi usai disampaikan, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada Bu Rizka. Seperti tak ingin kehilangan kesempatan emas, para mahasiswa berbondong-bondong mengajukan beberapa pertanyaan. Momen tersebut membuktikan animo yang tinggi dari para mahasiswa untuk dapat berkarir di BPOM dan membangun negeri tercinta.