info@ff.unair.ac.id +62-31-5937824

Pharmacare 2024 Ajak Masyarakat untuk Lebih Waspada dengan Diabetes Melitus

Pharmacare 2024 Ajak Masyarakat untuk Lebih Waspada dengan Diabetes Melitus

Hari Diabetes Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 18 April. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (BEM FF UNAIR), khususnya Departemen Pengabdian Masyarakat turut andil memperingati Hari Diabetes Nasional sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

Pada hari Minggu (21/04/2024) yang lalu, BEM FF UNAIR melalui kegiatan Pharmacare 2024 melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai “Penyakit Diabetes Melitus”, khususnya di Taman Bungkul Kota Surabaya. Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diabetes melitus.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk wujud dukungan pharmacare terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3, Good Health and Well-being. Dengan harapan jumlah pasien meninggal akibat diabetes dapat berkurang dan masyarakat dapat lebih aware untuk melakukan pencegahan. 

Kegiatan Peringatan Hari Diabetes Nasional ini diikuti oleh masyarakat sekitar dengan antusiasme yang tinggi untuk mengenali diabetes melitus. Partisipan tidak hanya berasal dari masyarakat usia lanjut, melainkan juga kalangan remaja. Hal tersebut dikarenakan diabetes melitus tidak memandang usia, saat ini penyakit degeneratif tersebut telah banyak terjadi pada usia muda.

Pada kegiatan ini dilakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang melibatkan panitia Pharmacare 2024, mahasiswa kesehatan dari FF UNAIR untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Edukasi dilakukan dengan pemaparan materi diikuti pembagian brosur yang memuat informasi mengenai definisi, tipe, gejala, dan cara pencegahan penyakit diabetes melitus. Dengan demikian, diharapkan masyarakat menjadi lebih sadar dan peduli terhadap kesehatan diri sendiri.

 

Reporter: Farmapos FF UNAIR
Editor: Tim Humas FF UNAIR